Sering Minum Es Jadi Pemicu Batuk dan Pilek, Mitos atau Fakta?

  • Kamis, 26/05/2022 - 12:18 WIB
Hai, Sobat Souja! Pernah ditegur orang tua atau teman untuk tidak mengkonsumsi minuman dingin atau es karena dianggap dapat membuat pilek, batuk, atau radang tenggorokan? Banyak orang percaya dengan anggapan tersebut sehingga menghindari minum minuman dingin apalagi saat lagi flu atau batuk.

Lalu, benarkah minum es atau minuman dingin jadi pemicu pilek, batuk, atau radang? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Anggapan minuman es menyebabkan pilek, batuk, dan lain sebagainya ternyata tidak sepenuhnya benar. Adapun penyebab manusia mengidap flu adalah karena virus dan bakteri yang bisa jadi terkandung dalam es karena dalam pembuatannya yang tidak higienis.

Virus dan bakteri yang ada di minuman itu kemudian menyerang saluran pernapasan yakni hidung hingga tenggorokan. Hal itulah yang menyebabkan kita menjadi pilek, batuk, hingga demam karena infeksi virus dan bakteri di sistem pernapasan kita.

Penyebab flu tidak hanya dari makanan atau minuman, namun juga bisa dari tangan yang penuh virus dan benda kotor yang disentuh setiap hari. Sementara bagi beberapa orang yang mengalami radang tenggorokan setelah minum es, bisa jadi itu adalah alergi terhadap suhu minuman atau makanan dingin.

Selain dianggap bikin pilek dan batuk, minuman dingin juga kerap disebut akan memperparah kondisi tubuh saat flu. Benarkah?

Perlu diketahui minuman dingin ternyata juga tidak memperparah pilek hingga batuk yang kita alami. Penderita flu sebenarnya aman mengkonsumsi minuman dingin atau es jika benar-benar bersih. Jika tidak, maka bakteri atau virus yang terkandung dalam es itulah yang dapat memperburuk batuk atau pilek.

Banyak orang percaya mengkonsumsi minuman dingin atau es menyebabkan flu dan batuk, serta memperparah kondisi tersebut. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Minuman es tidaklah selalu buruk, malah sebaliknya.

Minuman yang sangat segar ketika kondisi cuaca panas ini bisa mencegah kram otot, menyehatkan ginjal, hingga membakar kalori. Tidak hanya itu, banyak ahli kesehatan menyebut minuman dingin atau es mampu menormalkan detak jantung. Selain itu, minuman es bisa juga membersihkan usus hingga mencegah infeksi.

Nah, jadi tidak selamanya minuman dingin atau es berdampak buruk bagi tubuh hingga kerap disebut menyebabkan dan memperparah flu atau batuk. Tapi, ingat jangan berlebihan ya karena sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik.

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.