Cuaca Panas, Hati-hati Minum Air Berlebih Bisa Picu Overhidrasi

  • Jumat, 13/05/2022 - 10:40 WIB
Hai, Sobat Souja! Orang dewasa umumnya disarankan untuk mengonsumsi dua liter air per hari. Namun, di saat cuaca panas, konsumsi air bisa jadi berlebih.

Lantas, apakah mengonsumsi air lebih dari dua liter berdampak negatif pada tubuh?

Pada dasarnya, tak ada rumus pasti berapa banyak cairan yang harus masuk ke dalam tubuh. Ahli gizi Irtya Qiyamulail, dampak konsumsi air lebih dari dua liter akan tergantung pada kebutuhan setiap individu.

"Aman atau tidaknya tergantung dari kebutuhan masing-masing individu, bahkan bisa lebih dari dua liter apabila seseorang memiliki aktivitas fisik yang berat ditambah dilakukan di luar ruangan, misalnya atlet," ujar Irtya kepada CNNIndonesia.com, Senin (9/5).

Namun, Irtya menyebut, konsumsi air secara berlebihan dalam waktu yang singkat dapat menyebabkan overhidrasi. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengatur frekuensi dalam mengonsumsi air.

"Sangat disarankan untuk mengonsumsi cairan dengan frekuensi sedikit tetapi sering, dibandingkan langsung dikonsumsi dalam jumlah banyak sekaligus," ujar Irtya.

Overhidrasi terjadi ketika tubuh memiliki dan menahan lebih banyak cairan dalam tubuh dibanding yang dikeluarkan tubuh.

Mengutip Healthline, overhidrasi dapat menyebabkan keracunan air. Kondisi ini terjadi ketika jumlah garam dan elektrolit lain dalam tubuh menjadi terlalu encer.

Elektrolit dan natrium yang turun terlalu rendah dalam waktu yang cepat bisa berakibat fatal pada tubuh.

Meski overhidrasi jarang terjadi, kondisi ini dapat menyebabkan gejala seperti mual, sakit kepala, kelelahan, serta bengkak pada tangan, kaki, dan bibir.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.