Rekomendasi 7 Tukang Bakso Terkenal dan Enak: Gurih Mantap

  • Selasa, 28/06/2022 - 11:04 WIB
Hai, Sobat Souja! Bakso memang jadi makanan sejuta umat dan juga comfort food bagi banyak orang. Namun di mana tukang bakso terkenal dan enak?

Bakso yang Anda kenal saat ini bukan hanya terbuat dari daging sapi giling yang dibentuk bulat. Dalam perkembangannya ada berbagai jenis bakso dan kreasinya yang semakin unik.

Berikut beberapa tukang bakso terkenal dan enak:

1. Bakso Solo Samrat
 
d 
Sumber: Kumparan 

Termasuk dalam jenis bakso Solo, tukang bakso Solo Samrat ini punya kaldu yang super gurih. Kuah kaldu yang kuat ini berpadu dengan bakso halus, bakso urat, dan juga bakso isi daging.

Dalam variannya, Anda juga bisa menikmati bakso dengan isi bakso isi telur puyuh, bakso tenis, atau bakso rusuk.

Kalau suka tetelan, ada juga tambahan tetelan yang gurih dan kenyal untuk menambah kuatnya kuah kaldu.

Tukang bakso terkenal ini memiliki banyak cabang sehingga bisa Anda temui di banyak tempat.

2. Bakso Titoti
 
d 
Sumber: Trip Advisor 

Jika bakso Samrat mengadaptasi bakso gaya Solo, Titoti terkenal dengan gaya bakso asli Wonogiri.

Di bakso Titoti memiliki berbagai varian jenis bakso misalnya bakso telur, urat besar, dan spesial. Namun buat Anda tak ingin makan terlalu banyak, tukang bakso Titoti juga menyediakan setengah porsi.

3. Bakso Cendana
 
d 
Sumber: Detik Food 

Nama Bakso Cendana disematkan karena sesuai dengan nama jalan tempatnya berjualan dahulu, Jalan Cendana, Jakarta Pusat. Pak Andi adalah sosok di balik kenikmatan semangkuk bakso yang melegenda ini.

Pak Andi sudah berjualan sejak 1965 dan konon kabarnya, bakso ini langganan keluarga Cendana atau keluarga mendiang Presiden Soeharto.

Bakso Cendana punya porsi jumbo.Mie kuning, bihun, tauge serta iriisan sawi menjadi pelengkap bakso yang disajikan dalam mangkuk sebelum disiram kuah dan baksonya. Sementara baksonya, ada sebutir bakso telur, enam butir bakso kecil serta sepotong tahu goreng.

Taburannya, irisan daun seledri dan bawang goreng yang berlimpah. Eiits, ada satu lagi ciri khas bakso ini. Sebagai penambah rasa, Pak Andi menambahkan sesendok bawang putih cincang halus yang digoreng kering.

4. Bakso Rusuk Samanhudi

Bakso rusuk Samanhudi berdiri sejak 2015 lalu. Bakso andalan di tukang bakso terkenal dan enak ini adalah bakso iga. Bakso bulat ini ditambah dengan potongan iga dan daging yang tebal juga halus jadi poin itamanya.

Kuahnya yang bening dan gurih juga jadi kunci kenikmatan semangkuk bakso ini.

5. Bakso Yunus Tebet

Sebenarnya bakso Yunus ini tak cuma terkenal dengan baksonya tapi juga mie ayamnya. Namun bakso enak dan legendaris ini juga digemari oleh selebriti Indonesia.

6. Bakso Kumis Djarum

Nama tukang bakso kumis bukan hal yang baru. Faktanya banyak tukang bakso yang memakai nama ini sebagai nama usahanya. Namun Bakso Kumis Djarum mengaku tak punya cabang.

Berbeda dengan penjual lainnya yang punya banyak varian bakso, Bakso Kumis Djarum hanya punya bakso kuah. Bakso 'Solo Wonogiri' ini ternyata sudah didirikan sejak 1972.

7. Bakso President

Salah satu kedai bakso populer di Malang adalah kedai Bakso Malang President. Kedai bakso ini berada di kawasan jalan Batanghari.

Uniknya, Anda harus ekstra hati-hati jika ingin makan di tempat ini. Bukan soal rasa makanan atau tingkat kepedasannya. Tapi, kedai bakso ini berada di samping rel kereta api aktif Surabaya-Malang. Anda harus menyeberangi rel ini ketika ingin mencicipi kenikmatan kedai yang sudah berdiri sejak 1977 ini.

Bakso daging, bakso urat, pangsit goreng, siomay rebus, tahu isi jadi menu andalan. Cecapan rasa kuah kaldu yang gurih berpadu dengan bakso nikmat membuat lidah terpuaskan. Adanya tambahan kerenyahan dari pangsit goreng pun menambah kenikmatannya.

Mana tukang bakso terkenal dan enak favorit Anda?

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.