Sobat Souja, banyak orang bilang bahwa makan tengah malam bisa menyebabkan gemuk badan? Lantas bagaimana jika tiba-tiba perut keroncongan dan kalian tidak bisa tidur?

Ketahui Jenis Makanan Sehat Yang Bisa Dikonsumsi Malam Hari

  • Minggu, 28/11/2021 - 10:32 WIB
Sobat Souja, banyak orang bilang bahwa makan tengah malam bisa menyebabkan gemuk badan? Lantas bagaimana jika tiba-tiba perut keroncongan dan kalian tidak bisa tidur? Ternyata ada pilihan makanan sehat untuk mengganjal perut di malam hari, tapi ada juga jenis makanan yang perlu dihindari. Makan di malam hari tidak melulu buruk bagi kesehatan. Sebaliknya makan malam yang sehat bisa menstabilkan suasana hati sehingga tidur terasa lebih nyenyak. Berikut ini terdapat beberapa pilihan menu makanan yang bisa kalian konsumsi saat malam hari, ada apa saja ya? Langsung aja kita simak bersama di bawah ini yuk!
 
lapar malam hari
Source: woke.id
 
1. Pisang
Berkat seratnya yang padat, pisang kerap jadi pilihan banyak orang untuk mengganjal perut tanpa harus menyebabkan kekenyangan. Ini karena pisang kaya akan hormon serotonin. Hormon ini berfungsi menstabilkan mood dan menimbulkan perasaan bahagia. Ketika Sobat tertidur, tubuh juga mengubah serotonin menjadi melatonin atau hormon tidur yang bisa membuat kalian bisa tidur terlelap.

2. Greek Yogurt
Greek yogurt menjadi salah satu makanan sehat untuk malam hari berkat kandungan kalsiumnya. Selain untuk menjaga kesehatan tulang, tubuh juga memerlukan kalsium untuk mengubah asam amino triptofan menjadi melatonin. Selain itu, greek yogurt juga kaya akan protein susu yang disebut kasein. Mengonsumsi kasein pada malam hari dapat membantu mengurangi rasa lapar pada keesokan harinya.

3. Sereal & Susu
Sereal dan susu ternyata tidak hanya cocok untuk sarapan pagi. Makanan ini dapat mengganjal perut pada tengah malam serta membantu kalian tidur lebih nyenyak. Hal ini karena sereal dan susu kaya akan kalsium, seperti halnya greek yogurt. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sereal dan susu tinggi akan kalori. Konsumsi makanan tinggi kalori pada malam hari bisa menyebabkan asam lambung naik. Jadi, pastikan Sobat Souja mengonsumsinya dalam porsi kecil ya!

4. Roti Selai Kacang
Selai kacang cocok menjadi camilan tengah malam karena mengandung banyak asam amino triptofan. Setelah kalian mengonsumsi asam amino ini, tubuh akan mengubahnya menjadi melatonin yang menimbulkan rasa kantuk. Uniknya, kandungan karbohidrat pada roti dapat membantu pengolahan triptofan dalam otak. Dengan cara ini, otak bisa menghasilkan melatonin yang cukup untuk membuat kalian tidur nyenyak selama semalam penuh.

5. Edamame
Siapa yang tak kenal kacang berwarna hijau cerah yang satu ini? Edamame merupakan sumber protein yang baik dengan kandungan asam amino triptofan yang cukup tinggi. Karena itulah kacang khas Jepang ini cocok menjadi camilan tengah malam. Selain itu, kalori edamame juga terbilang rendah. Satu mangkuk kecil edamame yang mengenyangkan bahkan hanya mengandung sekitar 150 kalori. Jadi, makanan ini pun cocok untuk kalian yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.
 
makan malam hari
Source: tempo.co
Nah, itu dia Sobat Souja berbagai macam menu pilihan makanan yang bisa kalian konsumsi saat malam hari ya. Tidak perlu takut khawatir akan badan yang gemuk, karena jenis makanan di atas memiliki nutrisi yang baik untuk tubuhmu. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsinya tidur kalian pun menjadi terlelap dan saat bangun pagi menjadi lebih segar. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi kalian ya Sobat Souja, selamat mencobanya!

Sumber artikel: Hellosehat.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.