Hai Sobat Souja, tahukah kalian bahwa popularitas Korean wave membuat seluruh dunia tergila-gila budaya Korea. Gaungnya bahkan sampai ke Indonesia. " />

Coba Bikin Resep Tteokbokki Praktis Sendiri Di Rumah Yuk!

  • Minggu, 28/11/2021 - 10:32 WIB
Hai Sobat Souja, tahukah kalian bahwa popularitas Korean wave membuat seluruh dunia tergila-gila budaya Korea. Gaungnya bahkan sampai ke Indonesia. Berkat musik Korea, berbagai jenis hiburan dari negeri ginseng pun diterima warga Indonesia dengan baik. Begitu juga dengan kulinernya. Salah satu makanan korea yang saat ini tengah digandrungi adalah Tteokbokki. Tteokbokki merupakan sejenis kue berbahan beras yang disajikan dengan saus pedas berbasis gochujang. Karena harganya yang lumayan saat dijual di kedai atau restoran, akhirnya tak sedikit pecinta kuliner negeri ginseng yang penasaran dengan cara membuat tteokbokki sendiri di rumah. Penasaran gimana cara buatnya? Langsung aja kita intip resepnya berikut ini yuk!
 
tobokki korea
Source: jajabakes.com
 
Bahan Yang Dibutuhkan:
- 250 gram tepung beras
- 3 sendok makan tepung tapioka
- Air panas secukupnya
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus:
- 5 siung bawang putih
- 2 sendok makan gochujang
- 2 butir bawang merah
- 2 buah cabai rawit
- 2 sendok makan gula pasir
- Merica bubuk secukupnya
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Bahan Pelengkap:
- 1 batang daun daun bawang, diiris halus
- 1 butir telur rebus setengah matang
- 1 sendok teh minyak wijen
- Wijen sangrai secukupnya
- Odeng secukupnya (bisa diganti bakso ikan)
 
Cara Membuat Tteokbokki:
1. Campurkan tepung tapioka, tepung beras, dan garam. Aduk rata sambil dituangi air panas sedikit demi sedikit sampai adonan bisa diuleni dengan tangan.
2. Uleni adonan tteok, buat seperti silinder dengan ketebalan sekita 1 cm. Setelah itu potong-potong sepanjang 2 ruas jari.
3. Rebus adonan tteokbokki di dalam air yang sudah diberi sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Jika sudah mendidih dan tteok mengambang, angkat dari panci. Tiriskan airnya dan sisihkan.
4. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit, kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Masukkan pasta gochujang, tambahkan sedikit air, gula, garam, dan merica, lalu aduk hingga rata.
5. Masukkan tteok dan odeng/bakso ikan, kemudian aduk hingga rata sambil dituangi minyak wijen.
6. Sajikan tteokbokki di atas piring. Taburi dengan wijen sangrai dan daun bawang. Belah telur rebus menjadi dua bagian, kemudian letakkan di sampingnya.

Gimana Sobat Souja, mudah bukan cara buatnya? Itulah resep masakan Korea, tteokbokki dengan saus gochujang yang bisa kalian buat sendiri di rumah. Selain odeng, kalian juga bisa menyajikannya dengan sedikit kimchi di piring terpisah atau menaburkan rumput laut kering yang diiris halus. Taburan keju mozzarella leleh di atasnya juga bisa memperkaya rasa tteokbokki. Dijamin deh rasanya makin enak, selamat mencobanya Sobat Souja!

Sumber artikel: Merdeka.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.