Ketika Pekerjaan Tidak Sesuai Dengan Job Desk

  • Kamis, 16/11/2017 - 10:55 WIB
 
Saat melamar pekerjaan, pasti sobat sudah mengetahui sedikit banyak tentang job desk pekerjaan yang dilamar kan? Nah, saat diterima bekerja pun sobat pastinya akan diberitahu apa-apa saja yang akan menjadi tanggung jawab sobat dalam perusahaan tersebut. Menjalani aktivitas sehari-hari di dalam kantor memang sudah kewajiban, namun bagaimana jika sobat mendapat pekerjaan yang tidak sesuai dari job desk awal?


Menjadi karyawan yang mampu multi-task memang dibutuhkan saat ini, tetapi pemberian job desk yang berlebihan dan terkesan melenceng dari perjanjian awal memang bisa membuat ketegangan di kantor. Sebagai karyawan , sobat pasti cuma bisa menuruti saja dan tidak berani membantah perintah atasan, kan? Mendapatkan pekerjaan tambahan kadang membuat sobat kewalahan kadang juga memberi rasa bangga karena si bos memberi tanggung jawab baru dan menganggap sobat bisa mengerjakan hal tersebut. 


Namun tetap saja jika berbicara dari sisi karyawan, pekerjaan tambahan yang tidak ada sebelumnya tentu akan memberi tekanan sendiri yang bisa menimbulkan stres karena pekerjaan menumpuk. Pembagian job desk yang tidak jelas seperti ini bisa berpotensi membuat perusahaan kehilangan karyawan terbaiknya karena merasa kewalahan dengan semua tugas yang diberikan. Ditambah minimnya penghargaan yang diberi perusahaan kepada sobat akan semakin membuat sobat merasa tertekan, bukan?


Dalam sebuah perusahaan, setiap karyawannya memiliki kemampuan masing-masing dan job desk yang sudah diatur sejak awal. Kemampuan ini didasarkan pada kompetensi setiap karyawan agar bisa mendukung kemajuan perusahaan. Namun jika perusahaan atau bos dengan mudahnya merubah job desk tersebut tanpa memikirkan karyawan serta beba kerja mereka, bisa-bisa perusahaan itu akan ditinggalkan oleh karyawannya! Ingat, karyawan adalah aset terbaik yang dimiliki perusahaan untuk terus berkembang. Jika karyawan terus berganti, tentunya ada banyak waktu dan tenaga perusahaan yang habis untuk melatih karyawan baru.


Oleh karena itu, jika sobat masih bisa meng-handle job desk tambahan tersebut, lakukanlah dengan pikiran positif bahwa sobat mendapat perhatian lebih dari bos dan bisa belajar hal baru. Perusahaan juga jangan terus berdiam diri. Paling tidak berikan apresiasi kepada karyawan tersebut agar dia merasa kerja kerasnya dihargai oleh perusahaan. Namun jika sobat memang merasa pekerjaan yang saat ini dilakoni sangat berat dan sangat banyak maunya, mengundurkan diri bisa menjadi pilihan terbaik.

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.