Hindari Salah Mengambil Keputusan dengan Tips Ini!

  • Senin, 12/10/2015 - 12:08 WIB
 
Sobat dalam kehidupan, kamu pasti akan dihadapkan pada suatu pilihan. Mau tak mau, harus ada prioritas yang harus dipilih dalam hidup, asmara maupun pekerjaan . Namun, orang kerapkali keliru dalam mengambil keputusan hingga menyebabkan penyesalan . Di samping pengambilan keputusan bukan perkara yang mudah, ada beberapa hal yang bisa bikin kamu salah memilih. Oleh karena itu, agar terhindar dari salah memilih, maka patut memperhatikan hal berikut ini. Apa saja? Berikut ini kami lansir dari bintang.com!


Kenali pokok persoalan terlebih dahulu
Sobat tidak akan bisa mengambil keputusan tanpa paham akar permasalahannya, sehingga kamu harus analisis sumber permasalahannya dulu, apa yang tengah kamu hadapi lalu pertimbangkan nilai plus dan minus serta konsekuensi logis yang timbul dalam setiap pilihan. 


Bertanya kepada Sang Expert! 
Tentu saja, ada kalanya kamu membutuhkan second opinion atau pendapat orang lain yang lebih paham dan menguasai permasalahan, jangan lupa untuk meminta saran serta solusi. Mengapa demikian? Karena apa yang kamu ketahui belum tentu benar. Hati-hati jangan sampai bertanya kepada orang yang salah. 


Check and Recheck!
Ada baiknya semua informasi yang kamu peroleh dari orang lain atau yang merupakan hasil pencarianmu jangan kamu telan mentah-mentah. Lakukan pengecekan ulang agar terhindar dari penyesalan. 


Pasang sikap waspada atau pilihan yang mengecoh
Wasapadalah terhadap pilihan yang mengecoh. Semakin sedikit pilihan, akan semakin sulit buatmu untuk mengambil keputusan. Kadang, dua pilihan tersisa sangat tipis bedanya. kerugian dan keuntungannya pun enggak jauh berbeda. Disaat inilah kamu harus memepertajam intuisimu. Jangan sampai kamu terkecoh dengan dua pilihan yang ada di hadapanmu. 


Catat semua kemungkinan dan siapkan Plan B, C dst
Cara yang paling mudah untuk mengambil keputusan di antara dua piliha adalah dengan menganalisa kemungkinan yang akan terjadi. Coba pikirkan kalau kamu memilih X. Apa yang akan terjadi pada karyawanmu. Juga pikirkan apa yang akan terjadi kalau kamu memilih Y. Pertimbangkan baik dan buruknya. Cara ini membantumu memetakan pilihan mana yang punya kemungkinan lebih buruk. Sehingga kamu enggak akan mengambil keputusan yang salah. 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.