Cara Penulisan Lamaran Kerja Profesional

  • Sabtu, 07/11/2015 - 09:55 WIB
 
Sobat Souja! Membuat surat lamaran kerja yang profesional merupakan salah satu seni yang harus di lakukan dalam proses pembuatan dokumen guna “menjual diri”. Jika isi dari dokumen yang Sobat buat ini mampu memikat perhatian pihak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, pastinya hal ini akan memberikan nilai tambah yang bisa Sobat gunakan sebagai modal awal untuk mendapatkan pekerjaan seperti dikutip dari tipskarir.com Berikut 4 Tips penting yang harus Sobat perhatikan dalam pembuatan surat lamaran kerja:


1. Teknik Penulisan


Ketika membuat surat lamaran kerja profesional, Sobat harus bisa membuat isi dari surat lamaran kerja yang jelas yang langsung pada poin pembahasan, jangan bertele-tele. Dalam hal ini, ada dua hal penting yang harus Sobat masukkan kedalam surat lamaran kerja, yaitu riwayat pendidikan serta pengalaman yang Sobat miliki dalam dunia kerja. Dan kata kunci yang memang mampu menunjukkan bahwa Sobat merupakan orang yang memiliki pengalaman yang profesional yaitu dengan menjelaskan bahwa Sobat pernah serta mampu untuk merencanakan, berkoordinasi, mengimplementasikan, serta menyusun. Untuk sebuah deskripsi pekerjaan, Sobat juga bisa menggabungkan hal ini dengan penjelasan terhadap tugas serta tanggung jawab dalam pekerjaan sebelumnya.


2. Cara Penulisan Nama

Dalam penulisan nama, Sobat di sarankan untuk memperbesar ukuran huruf dari sejumlah kata lainnya, dan bisa menyimpannya di bagian pojok atas dokumen, yang memang di lengkapi dengan gelar akademis yang Sobat miliki. Hal ini sangat berguna untuk menjelaskan status dari diri Sobat secara personal.


3. Tambahan Informasi Lainnya


Ketika Sobat ingin membuat surat lamaran kerja yang terlihat profesional, jangan sampai Sobat mencantumkan hobi yang Sobat miliki. Biasanya kolom hobi akan di tanyakan oleh pihak perusahaan ketika Sobat di haruskan mengisi aplikasi secara langsung di tempat Sobat melamar kerja. Akan tetapi, untuk surat lamaran kerja profesional sebagai tenaga pengajar edukasi atau sebagai pelatih olahraga, maka penting bagi Sobat untuk mencantumkan hobi yang Sobat miliki. Informasi lainnya seperti status perkawinan atau tinggi juga berat badan seharusnya tidak dicantumkan di dalam surat lamaran kerja, karena surat lamaran kerja yang profesional akan lebih terfokuskan terhadap penjelasan kemampuan yang Sobat miliki serta karakteristik dalam bekerja.


4. Format Dokumen


Ketika membuat surat lamaran kerja profesional, sebaiknya menggunakan kerangka penulisan yang simple. Sobat juga harus menghindari penulisan kata yang ditebalkan, diberi garis bawah, ataupun di miringkan, karena hal ini hanya akan mengurangi nilai Sobat pada surat lamaran kerja. Sobat juga harus memeriksa kembali surat lamaran kerja yang Sobat buat jika memang masih terlihat ada kesalahan dalam penulisan. Sobat bisa menggunakan kertas berukuran A4 berwarna putih polos serta font yang memang telah menjadi standar penulisan surat lamaran kerja atau dokumen. Jika hendak mengirimkan berkas lamaran kerja via internet, maka Sobat bisa mengemas berkas lamaran dalam format dokumen standar seperti .doc atau .pdf.


Demikian beberapa tips yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan surat lamaran kerja profesional. Semoga Bermanfaat...

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.