Resep Zuppa Soup Makanan Khas Eropa!

  • Selasa, 24/11/2015 - 16:45 WIB
 

  Makanan khas eropa yang rasanya sangat lezat dengan renyahnya Puff Pastry yang menutup mangkoknya dengan sup krim di dalamnya dan sangat cocok dinikmati saat hangat. Makanan ini banyak diminati oleh para kuliner nusantara dan pada akhirnya menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Bagi anda para ibu-ibu maupun yang masih muda disini kami akan memberikan resep cara membuat zuppa soup yang sangat lezat, berikut resepnya :

 

Bahan puff pastry :
1000 gram tepung terigu
20 gram garam
450 ml air es
100 gram mentega tawar
650 gram shortening pastry


Bahan olesan pastry :
1 butir kuning telur
1 butir telur
1,5 gram garam

Bahan soup:
10 gram mentega
1,5 gram bawang putih cincang
5 gram bawang bombay cincang
32 gram sosis sapi, potong kotak-kotak
32 gram smoked beef, potong kotak-kotak
10 gram tepung maizena
170 gram susu cair
0,3 gram lada putih
0,2 gram pala bubuk
0,5 gram garam
1,2 gram penyedap rasa
20 gram daun bawang, iris tipis

Cara Membuat :

  1. Campurkan tepung terigu, garam, dan mentega tawar, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk sampai ¾ kalis. Istirahatkan adonan di dalam freezer selama sekitar 15 menit.
  2. Tipiskan adonan, taruh shortening pastry yang sudah ditipiskan, lalu lipatlah menjadi single-double-double. Setiap setelah melipat, istirahatkan adonan selama 10 menit di dalam freezer.
  3. Selanjutnya tipiskan adonan setebal 4 mm, lalu potong berbentuk bundar dan tutupkan di atas tempat soup. Oleskan permukaan pastry dengan “Bahan olesan”.


Cara Membuat:

  1.  Tumis bawang putih dan bawang bombay cincang dengan mentega hingga kecoklatan.
  2.  Masukkan sosis sapi dan smoked beef yang telah dipotong, tumis hingga matang.
  3.  Larutkan tepung maizena ke dalam susu cair, kemudian tambahkan pada tumisan sosis dan smoked beef.
  4.  Tambahkan bumbu yang terdiri dari lada putih, pala bubuk, garam, dan penyedap rasa.
  5.  Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  6.  Tempatkan pada wadah mangkuk tahan panas.
  7.  Terakhir tutup rapat mangkok yang berisi soup dengan pastry di atasnya dan bakar di oven dengan suhu 190° celcius, kurang lebih selama 25 menit.

 

Zuppa soup siap dihidangkan selagi hangat (panas soup dalam mangkok bisa bertahan hingga 20 menit, selama bungkus pastry blm terbuka).

Mudah bukan cara membuatnya? Untuk para kaum hawa sukses dalam pembuatan zuppa soupnya, jika gagal masih ada hari esok untuk dapat mencobanya. Tetap berusaha dan salam memasak.

 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.