Mark Zuckerberg Sumbangkan Saham 99% Namun Tetap Kaya, Apa Rahasianya?

  • Senin, 14/12/2015 - 10:01 WIB
 

Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg berencana untuk menyumbangkan 99% sahamnya di jejaring sosial FB miliknya bersamaan dengan kelahiran putrinya, Max. Meski hampir semua sahamnya disumbangkan, Mark masih tetap kaya. Lalu darimana kekayaan pendiri FB tersebut?

 

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh situs USA Today, Mark Zuckerberg memiliki kekayaan hingga $45 miliar. Angka itu hampir semuanya berasal dari saham yang dimilikinya di Facebook. Mark telah mengumumkan untuk hampir semua sahamnya tersebut akan disumbangkan secara bertahap. Jika Mark langsung menyumbangkan semua sahamnya saat itu juga, maka saham yang dimiliki hanya tinggal 1% saja yang senilai $453 juta atau sekitar Rp 6,3 triliun. Tentu saja harta Rp 6,3 triliun masih bisa disebut kaya dan ini sangat cukup untuk membiayai sisa hidup Mark dan keluarganya.

 

"Sisa 1% saham itu lebih besar dari saham kepunyaan semua CEO di perusahaan S&P 500. Hanya 24 CEO yang sahamnya lebih besar," berdasarkan informasi dari USA Today, seperti yang dilansir dari Detik (11/12/2015).
"Jika generasi kita menghubungkan mereka, kita bisa mengangkat ratusan juta orang keluar dari kemiskinan. Kita juga dapat membantu ratusan juta anak untuk mendapatkan pendidikan dan menyelamatkan jutaan nyawa dari penyakit."

 

"Dengan menggunakan LLC ketimbang yayasan, kami tidak menerima keuntungan pajak dari mengalihkan saham kami ke Chan Zuckerberg Initiative, tapi kami memperoleh fleksibilitas untuk menjalankan misi kami dengan lebih efektif."" pernyataan Mark Zuckerberg melalui akun FB miliknya saat menyumbangkan sahamnya.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.