Tips Promosikan diri Bagi Fresh Graduate yang Minim Pengalaman

  • Senin, 14/12/2015 - 15:47 WIB
 
Bagi freshgraduate, mendapatkan pekerjaan pertama pasti punya tantangan tersendiri. Selain karena tak punya pengalaman, para freshgraduate minim wawasan mengenai dunia kerja . Nah, bagi para freshgraduate yang berniat melamar sebagai pegawai magang atau pekerjaan tetap, jangan keburu kecil hati karena tidak punya pengalaman kerja. Ikuti petunjuk menulis CV ini bagi kamu yang tidak ada pengalaman.


Tampilan CV harus rapi



Jika CV kamu tampak berantakan, pihak perusahaan juga enggan membacanya dan bisa-bisa langsung dibuang ke tong sampah. Kecuali Anda melamar untuk posisi kreatif seperti desain, gaya dan estetika tidak perlu menjadi prioritas terlebih dahulu. Gunakan font yang mudah dibaca jelas, hindari menggunakan beragam warna.


Berikan Improvisasi

 

 


Jangan hanya menuliskan nama sekolah dan tahun kelulusan. Isi bagian informasi pendidikan dengan kegiatan yang diikuti selama sekolah maupun Universitas, termasuk ekstrakurikuler dan aktivitas yang membuatmu punya soft skill.


Deskripsikan keahlian dan Prestasi

 

 Hanya karena belum pernah bekerja secara resmi, bukan berarti kamu tidak punya keahlian yang dapat berguna di dunia kerja. Kamu hanya perlu memolesnya agar menjadi fitur relevan yang menarik perhatian pihak perusahaan, semisal fotografi, komputer, mengetik cepat, atau kepiawaian di ranah media sosial. Silahkan ceritakan bagaimana pengalaman tersebut menunjukkan keahlian di suatu bidang.

 

Pernah mengikuti lomba atau mendapat penghargaan? Tuliskan saja! Jangan lupa juga untuk menjabarkan prestasi yang kamu capai secara akademik maupun non akademik. Perusahaan tentu akan memberi pertimbangan bagi calon karyawan yang berprestasi. Tentu hal itu menunjukkan kamu adalah sosok yang termotivasi mengoptimalkan kemampuan. Kamu juga berpeluang mempersembahkan yang terbaik pula untuk perusahaan.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.