Hal-hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Memutuskan Menjadi Seorang Freelancer

  • Kamis, 10/12/2015 - 10:48 WIB
 
Memutuskan menjadi seorang freelancer memang penuh konsekuensi dan resiko. Para freelancer punya waktu yang lebih bebas dan fleksibel. Namun demikian, bukan berarti bisa berleha-leha karena suatu saat hal tersebut akan menjadi bumerang. Apalagi kalau kamu termasuk freelancer yang punya proyek lebih dari satu. 


Sebagai freelancer, tidak ada salahnya kamu mengetahui bagaimana mengatur waktu dengan benar, sehingga semua tanggung jawab dapat terpenuhi. Berikut beberapa tips yang bisa kamu andalkan agar manajemen waktumu teratur. 


Beri batasan waktu untuk mempersiapkan diri
Penting untuk melakukan persiapan agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu secara profesional. Beberapa cara diantaranya yaitu dengan olahraga dan istirahat teratur, rileks dan berselancar di internet. Akan tetapi, kamu harus memastikan bahwa waktu persiapan tersebut tidak terlalu panjang dan membuat pekerjaanmu terbengkalai. 


Buat time table dan komitemen 
Meski freelancer terkesan punya banyak waktu luang dan santai, sesungguhnya mereka adalah petarung ulung. Seseorang freelancer mengerjakan semuanya seorang diri, dari mulai mencari klien, mengumpulkan ide untuk mengerjakan proyek hingga eksekusi. Tidak heran, pekerjaan ini memang membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Selain taat dengan deadline mereka pun harus tahu kapan waktunya istirahat. Oleh karenanya, penting untuk freelancer membuat time table management yang akan memandu dalam bekerja serta komitmen terhadap jadwal yang sudah dibuat. 


Buat skala prioritas
Mulailah untuk belajar mendahulukan prioritasmu. Pilah dan buat daftar mana-mana saja pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang bisa ditunda. Dahulukan pekerjaan yang mendekati tenggat deadline. Ini merupakan cara sederhana yang cerdas dalam mengatur waktu. 


Menyelesaikan deadline lebih cepat
Bila mungkin, selesaikan pekerjaan sehari sebelum deadline, sehingga saat waktu deadline tiba kamu masih punya waktu memeriksa hasil pekerjaan sebelum diserahkan ke klien. Jangan pernah mengerjakan tugas melampaui deadline atau dikirim langsung secara terburu-buru. Hal itu akan mempengaruhi kualitas pekerjaan kamu. 


Selesaikan dari yang paling mudah dan cepat selesai
Kerjakan pekerjaan dengan memilih yang termudah terlebih dahulu sebelum mengerjakan pekerjaan yang tersulit. Memulai pekerjaan yang termudah akan menghemat waktu, sehingga kamu bisa konsentrasi dengan pekerjaan yang sulit setelahnya. Apabila Sobat mengerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu, bisa jadi pekerjaan yang lain akan terbengkalai karena waktu habis dipakai di satu pekerjaan sulit tersebut. Energi pun akan terkuras habis.


Dengan pembagian waktu yang tepat, pekerjaan akan selesai dengan cepat dan Sobat dijamin akan kebanjiran job!


Sumber: www.Qerja.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.