Para Ilmuwan Temukan Planet Para Alien

  • Sabtu, 19/12/2015 - 11:06 WIB
 

Kehidupan alien mungkin lebih dekat dari perkiraan para ilmuwan selama ini. Ilmuwan baru saja menemukan planet yang mungkin bisa ditinggali makhluk luar angkasa dan paling dekat dengan Bumi.

 

 

Dilansir dari Fox43, Jumat (18/12/2015), ilmuwan di University of New South Wales (UNSW), Australia, menemukan dunia baru tersebut adalah salah satu dari tiga planet yang mengelilingi sebuah bintang kerdil merah yang disebut Wolf 1061. Jaraknya hanya 14 tahun cahaya dari Bumi.

 

 

Ketiga planet tersebut memiliki potensi untuk menjadi padat dan berbatu, tapi hanya Wolf 1061c yang ada di dalam "zona Goldilocks", jarak dari bintang (jauh lebih kecil dan lebih dingin dari matahari) yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin untuk benda cair .

 

 

"Penemuan langka ini sangat menarik," Duncan Wright, yang memimpin penelitian, mengatakan kepada CNN. "Planet lain yang ditemukan layak huni hampir tidak dekat dengan Bumi. Karena dekat dari planet kita, ada kesempatan yang baik untuk mengetahui lebih lanjut tentangnya. "

 

 

Mungkinkah manusia hidup di sana? Planet yang ada dalam zona Goldilocks punya potensial untuk ditinggali makhluk. Namun Wright berpendapat bahwa manusia akan sulit cocok tinggal di Wolf 1061c.

 

 

"Kondisinya tidak akan menyenangkan: gravitasi di sana sekira 1,8 kali di Bumi dan planet ini kemungkinan akan terkunci erat. Ini berarti satu sisi secara permanen menghadap bintang dan sangat panas, sementara sisi lain secara permanen menjauh dari bintang dan sangat dingin."

 

 

Namun, Wright menambahkan bahwa mungkin ada "zona senja" yang sebagian menghadap bintang dan sedikit petang di mana manusia masih bisa hidup dengan kurang nyaman. Planet ini disebut sebagai "Bumi Super" karena massanya lebih dari empat kali massa Bumi dan memiliki permukaan berbatu.

 

 

Hingga kini, ilmuwan masih mencoba meneliti ribuan exoplanet lainnya. Dalam tahun-tahun ke depan, diharapkan manusia akan menemukan planet-planet yang bisa jadi merupakan rumah makhluk hidup.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.