Merayakan Pergantian Tahun Baru Dengan Petasan Saat Ini Dilarang Oleh Kapolda Metro

  • Minggu, 20/12/2015 - 15:05 WIB
 

Hola Sobat Souja, siapa yang sudah tidak sabaran merayakan tahun baru? Eh tetapi Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian ingin memastikan perayaan malam pergantian tahun baru 2016 di ibu kota berjalan kondusif. Selain bakal menggelar razia preman di sejumlah titik, polisi juga bakal merazia petasan.

 

"Ada beberapa kebijakan, untuk antisipasi kerawanan itu. Mulai dari koordinasi sebelum natal dan tahun baru akan kami tingkatkan operasi bersama dari Polda, Kodam dan Pemda melakukan operasi petasan, petasan kita larang. Karena banyak negatifnya," kata Tito usai rapat koordinasi bersama Kodam dan Pemprov DKI dalam persiapan Operasi Lilin Jaya 2015 di Mapolda Metro Jaya. Jumat (18/12).

 

Jenderal bintang dua ini menegaskan, kembang api masih diperbolehkan selama tidak mengganggu kenyamanan dan ketenangan masyarakat. Petasan dilarang karena cenderung mengganggu publik.

 

"Kembang api masih bisa. Tapi kita imbau, jangan gunakan petasan yang besar sehingga mengganggu ketenangan publik. Misal suara besar, api banyak, ini bahaya. Jenis petasan jelas tidak boleh, mercon tidak boleh," tegasnya.

 

Untuk membahas soal ini, pihaknya akan menggelar rapat bersama Pangdam dan Gubernur DKI Jakarta.

 

"Kalau membahayakan dilarang, ada juga jenis kembang api tertentu yang berbahaya, itu tidak boleh. Karena beberapa kasus tawuran, menggunakan kembang api dan menyebabkan kebakaran," ucapnya.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.