Waspadalah! Ini Tanda-tanda Lain Kamu Akan di PHK

  • Selasa, 05/01/2016 - 17:47 WIB
 
Sobat, PHK atau pemutusan hubungan kerja memang sebuah bencana mengerikan bagi para kayawan. Tak hanya menghentikan penghasilan, PHK pun membuat hari-hari tak bersemangat. Akan tetapi, terkadang kita bisa melihat tanda-tandanya jikalau umur kita di perusahaan tempat bekerja tak akan lama lagi. Tanda- tanda di bawah ini hanya beberapa indikasi yang mengisyratkan kamu harus segera mencari pekerjaan lain sebelum akhirnya diberi sepucuk surat PHK dari atasan. Apa saja?


Tugas yang semakin berkurang
Salah satu tanda yang berhubungan adalah jika porsi pekerjaan yang biasa menjadi tanggung jawab mulai diberikan pada rekan kerja atau malah pegawai baru. Bisa jadi atasan sedang mempersiapkan orang tersebut untuk menggantikan posisimu. Mungkin kamu akan berpikir bahwa ini adalah hadiah dari bos, silakan saja nikmati selagi kamu masih berstatus sebagai karyawan di perusahaan tersebut. 


Hubungan dengan atasan yang memburuk
Sekarang interaksi positifmu dan atasan berkurang dan irit. Pertanda lain, ide-idemu akan diacuhkan dan tak banyak digubris. Apabila kamu ingin dipertahankan sebagai karyawan, maka berusahalah sebaik mungkin untuk meminimalisasi kesalahan, mulailah mencari solusi apabila tandanya semakin jelas. 


Performance reviewmu buruk
Di industri formal, performance review adalah salah satu cara paling jelas untuk mengukur hasil kerja secara sistematis. Satu ulasan yang kurang memuaskan tidak menjamin kamu akan dipecat, karena biasanya Sobat akan diberikan kesempatan untuk memperbaiki. Namun jika kamu mendapat ulasan negatif lebih dari sekali yang dibarengi dengan teguran beberapa kali, ada baiknya kamu mulai menyiapkan jurus pindah ke perusahaan lain. 


Restrukturisasi perusahaan atau merger
Pada kondisi ini, PHK besar-besaran adalah fenomena yang lazim terjadi. Jika kamu mendapat kabar bahwa perusahaan akan diambil alih oleh perusahaan lain, ada kemungkinan pekerjaanmu akan diberikan kepada orang lain. Perusahaan tersebut mungkin memiliki staf dengan jenis pekerjaan yang sama dengan Sobat dan mereka tidak butuh dua orang yang mengerjakan hal yang sama. 
 
 
Sumber: Qerja.com 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.