Ripple - Eliminasi 100 Besar Nusantara Virtual Band Competition

  • Minggu, 29/11/2020 - 01:56 WIB
Latar Belakang RIPPLE Band Berawal dari ajakan oleh vocalis yang mana memberikan info bahwa ada Lomba vritual Band Se-Nusantara. Kemudian berdasarkan keputusan Bersama pada akhirnya memberanikan Team untuk mengikuti lomba Nusantara VBC tersebut. Salah satu faktor yang membuat RIPPLE Band Pontianak mengikuti Lomba VBC adalah ingin mencoba hal yang baru dalam ruang lingkup yang lebih luas karna mencakup seluruh Indonesia. Disisi lain juga ingin mendapat pengalaman berlomba dengan musisi musisi Band lainnya se-Indonesia dan juga ada hal yang menarik dari lomba Band kali ini yaitu Virtual yang mana pada tahap pertama peserta mengirimkan video cover lagu untuk menembus 100 besar. Teman-teman juga sangat antusias ketika melihat hasil yang baik hingga dalam melaju untuk babak 10 besar. Di tengah situasi Indonesia bahkan dunia yang merasakan dampak dari Pandemi COVID-19 yang pastinya menjadi penghalang para musisi Indonesia untuk berkarya namun hal tersebut di bantah dengan adanya lomba Nusantara VBC ini. Walaupun pastinya feel dalam lomba kali ini sedikit berbeda karna mengharuskan peserta mengirimkan Video cover dalam format Band.

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa Anggota RIPPLE Band terdiri dari anak Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Berkuliah Di Universitas Negeri Tanjungpura dengan bermacam Fakultas seperti Fakultas Hukum, Seni Musik, dan Teknik dimana terdiri atas :

1. Flavian Skolastika Sebagai Vocal
2. Joshua Pakpahan sebagai Filler Keyboard
3. Abelio Perenzatama sebagai  Gitar Electric
4. Joi Androni Manalu sebagai Gitar Acoustic
5. Amos Simanjuntak sebagai Drummer
6. David Alfrinando Nayoan sebagai Saxophonist
7. Samuel Manurung sebagai Keyboardist
8. Zhakaria Andrew sebagai Bassist

RIPPLE Band juga terbentuk pada saat mengikuti lomba Vritual Band Se-Nusantara (Nusantara VBC). Hal tersebut dikarnakan bahwa anggota band merupakan session player dan juga sebagai musisi Gereja local di Pontianak.

Sebelum RIPPLE Band terbentuk juga memang awalnya beberapa anggota band yang memiliki keinginan yang sama dalam hal bermusik dan juga berawal dari kegemaran pada genre musik yang sama yaitu Fusion dan juga sering jamming bareng dan bermusik di project yang sama. Sehingga dengan hal itu jadi memudahkan untuk bermusik.

Mengenai aransement music RIPPLE Band menggunakan system Music Director (MD) yaitu Abelio Perenzatama, dimana Anggota lainnya memberi saran atau masukan serta referensi bermusik yang kemudian di olah menjadi sebuah aransement ataupun si MD ingin musiknya seperti ini berdasarkan instrument masing masing anggota menyesuaikan dengan keinginan MD dan juga keinginan dari anggota tersebut sehingga sama sama puas dengan aransement tersebut. Anggota RIPPLE Band juga mampu menguasai Beberapa alat music lainnya. Contohnya pada cover video pertama yang bermain bass adalah Samuel Manurung dan yang bermain Keyboard adalah Zhakaria Andrew, namun pada video kedua mereka bertukar instrument tidak cuma itu saja beberapa anggota lainnya juga memiliki kemampuan yang sama sehingga memudahkan pada proses Recording. untuk lagu cover pertama kami membawakan lagu kak Rizky Febian “ Cuek “ dibabak penyisihan untuk masuk 100 Besar.

Bicara tentang suka duka dalam RIPPLE Band pasti ada dan kami yakin juga pada band umumnya juga pasti mengalami hal tersebut. Contohnya berbeda pendapat dalam mengaransement, ego dari masing masing player, mencocokkan waktu latihan dan lainnya.

Harapannya RIPPLE band juga memohon dukungan VOTE SMS dan LIKE Youtube, juga bagi semuanya agar dapat terus mensupport untuk harapan kedepan yang lebih baik. Teman-teman anggota juga sangat ingin merasakan bermusik live di Jakarta jika melaju kebabak berikutnya.

Nah, buat kalian yang mau nonton reaction dari special judges untuk Ripple Band. Yuk, nonton Podcast Swara Nusantara Eps. 8 di Youtube Channel CKH Entertainment atau bisa melalui link ini :

Jangan lupa untuk selalu dukung Ripple Band di event Nusantara Virtual Band Competition dengan cara kirimkan Vote SMS sebanyak-banyaknya ke 99117 dengan format NVBC (spasi) Nama Band, khusus untuk pengguna Telkomsel dan XL. Kalau kamu capek buat kirim SMS satu-persatu, kalian juga bisa gunakan Bulk SMS loh! Caranya gampang banget, kirimkan SMS ke 99117 dengan format:

NVBC5 (spasi) NAMA BAND
*Untuk 5 kali SMS

NVBC10 (spasi) NAMA BAND
*Untuk 10 kali SMS

NVBC20 (spasi) NAMA BAND
*Untuk 20 kali SMS

NVBC50 (spasi) NAMA BAND
*Untuk 50 kali SMS

Hanya berlaku untuk pengguna Telkomsel dan tarif SMS akan diakumulasikan sesuai dengan jumlah SMS yang kalian kirimkan.

Selain itu kalian juga bisa likes video cover dari band favorit kalian di Youtube Channel CKH Entertainment.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.