5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Surat Lamaran Kerja

  • Senin, 18/01/2021 - 19:07 WIB
Surat lamaran kerja adalah hal yang sangat krusial, oleh sebab ketika kamu melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, perusahaan tersebut akan memerhatikan sejauh mana keseriusan kamu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut melalui surat lamaran kerja yang kamu berikan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat surat lamaran kerja sehingga HRD bisa tertarik untuk membaca surat lamaran kamu untuk posisi yang kamu inginkan. Berikut adalah 5 tips yang perlu kamu lakukan untuk menarik perhatian pembaca lamaran kamu

1. Jujurlah dalam menulis surat lamaran

Hal utama yang paling penting dalam menulis lamaran kerja adalah kejujuran. Kejujuran yang dimaksud dalam menulis lamaran kerja ialah saat kamu menjelaskan kelebihan dan kekuranganmu, saat kamu tidak jujur dalam hal tersebut, maka hal itu hanya akan menjadikan dirimu kandidat yang tidak akan dipilih oleh perusahaan

Intinya kejujuran dalam menulis surat lamaran adalah hal yang sangat penting, jangan sampai kamu berbohong demi dilihat hebat ya

2. Tulislah surat lamaran itu sendiri

Kamu bisa mencerminkan karakter kamu melalui surat lamaran kerja yang kamu buat. Oleh sebab itu menulis surat lamaran tanpa bantuan orang lain adalah hal yang sangat penting ketika ingin melamar kerja, bila kamu mengajukan lamaran yang ditulis orang lain, kemungkinan untuk dipanggil ke tahap selanjutnya sangatlah kecil.

Selain bisa mencerminkan karakter kamu, dengan menulis surat lamaran pekerjaan sendiri bisa menguji sejauh mana kemampuan berbahasa kamu.

Oleh sebab itu, kamu wajib menulis surat lamaran pekerjaan itu sendiri, ya!

3. Menggunakan Bahasa formal dan ditulis dengan baik

Yang harus selalu diingat ketika menulis surat lamaran pekerjaan ialah selalu menggunakan Bahasa formal dan ditulis dengan tata Bahasa yang baik serta benar, mengingat melamar kerja adalah sesuatu yang sangat penting karena kamu tengah memulai suatu urusan yang serius.

Penggunaan Bahasa yang formal dan ditulis secara baik dalam surat lamaranmu akan menjadi hal pertama yang dipertimbangkan oleh sebuah perusahaan saat menerima surat lamaran pekerjaanmu.

4. Cantumkan posisi pekerjaan yang dilamar

Menuliskan posisi pekerjaan yang akan dilamar sangat peting dalam surat lamaran pekerjaan. Oleh sebab itu, sebelum kamu melamar pekerjaan pastikan kamu sudah benar-benar tahu posisi apa yang akan kamu lamar. Riset perihal posisi pekerjaan yang akan kamu lamar adalah hal yang sangat penting untuk dimengerti.

Dengan mencantumkannya posisi yang kamu inginkan di surat lamaran yang kamu buat, perusahaan tempat kamu melamar akan langsung memeriksa CV kamu.

5. Tulislah informasi yang dibutuhkan

Menulis informasi penting adalah hal baik yang bisa kamu jelaskan di dalam surat lamaran pekerjaanmu. Tetapi jangan sampai kamu menulis hal-hal yang tidak relevan dengan pekerjaan kamu, hal seperti itu hanya akan membuat HRD malas untuk membaca surat lamaranmu. Tulislah informasi-informasi penting yang menunjang dan berhubungan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Informasi – informasi itulah yang akan digunakan HRD untuk memutuskan akan melanjutkan ke tahap wawancara atau tidak.

Itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika menulis surat lamaran pekerjaan.

Sumber: www.quipper.com

Written and edited by: Salsabila helmy

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.