Hadir di MEGABUILD Indonesia 2022 MATRADE Siap Dukung Pembangunan di Indonesia

  • Minggu, 19/06/2022 - 16:47 WIB
Minggu, 19 Juni 2022 - Sebagai salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia, Indonesia menawarkan peluang signifikan untuk bisnis di berbagai sektor.

Awal tahun ini, DPR RI mengesahkan RUU Ibu Kota menjadi undang-undang agar pembangunan Ibu Kota Negara yang baru bisa dibangun. Rencananya relokasi ke Provinsi Kalimantan Timur akan dimulai pada awal 2024.

Nusantara, ibu kota baru, akan dibangun di atas lahan seluas 632 850 hektar, hampir empat kali luas Jakarta, dan dengan demikian, mega proyek ini akan menarik investor dari berbagai industri secara global.

Nusantara akan membutuhkan infrastruktur jaringan dan fisik, antara lain termasuk utilitas perkotaan, jalan tol, manufaktur, pelabuhan laut dan bandara, serta jaringan dan komunikasi.

Untuk itu, Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE) hadir dalam MEGABUILD Indonesia 2022 dengan peserta 15 perusahaan Malaysia yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) dari 16 — 19 Juni 2022 untuk berkolaborasi demi
kemajuan bersama.
 


Acara yang digelar MATRADE terbilang sangat tepat karena adanya peningkatan permintaan untuk jasa konstruksi dan bahan bangunan di Indonesia. Selain Ibu Kota Baru, hal ini juga didorong oleh proyek perumahan dan investasi infrastruktur, di kota-kota di seluruh Indonesia.

Har Man Ahmad, Trade Commissioner MATRADE Jakarta mengatakan, Indonesia merupakan negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Untuk itu, Ia memastikan Malaysia siap berkolaborasi dan menjalin kerjasama di berbagai sektor,
khususnya bidang konstruksi.

"Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan produk dan layanan Malaysia, menjajaki peluang bisnis serta berkolaborasi dengan mitra strategis Indonesia yang potensial dalam proyek terkait konstruksi," kata Har Man, Sabtu (18/06/2022).

"Ini salah satu dari aktivitas kami untuk mempromosikan perusahan Malaysia di Indonesia. Di MEGABUILD Indonesia edisi ke-19 ini, kami menghadirkan 15 perusahaan yang dari berbagai profesi. Indonesia dari segi potensi sangat besar jadi sangat penting untuk kami membina keyakinan konsumen dari Indonesia dan juga pemain-pemain industri Indonesia untuk kita kerjasama," sambungnya.

Di antara produk dan layanan yang akan dipromosikan adalah di sektor arsitektur, teknik, manajemen proyek & jasa konstruksi, penerangan penerbangan, pelapis kaca dan tangki air.

Selain itu, produk ramah lingkungan dan berkelanjutan seperti tenaga surya dan solusi pengisi daya EV juga akan dipamerkan di Paviliun Malaysia tersebut. 

Seperti, IJM Construction, yang merupakan perusahaan konstruksi terkemuka yang telah berdiri selama 40 tahun dan merupakan terbesar di kawasan Asia Tenggara dengan pengalaman-pengalaman mendukung berbagai proyek besar di Malaysia, dan juga SD Associates dengan tim yang terdiri dari berbagai ahli di bidangnya mulai dari Manajer Proyek, Insinyur Profesional, Arsitek, QS hingga Manajer Dukungan Teknis menyediakan manajemen proyek profesional yang komprehensif dan layanan konsultasi teknik di 18 industri yang berbeda.

Diharapkan kehadiran dalam MEGABUILD Indonesia 2022, akan membuka peluang kerjasama dengan mitra baru maupun perusahaan konstruksi Indonesia dengan konstribusi positif pada pembangunan gedung dan infrastruktur di Indonesia dengan produk berkualitas, penghematan biaya proyek serta layanan terbaik.

"Ini bukan lebih kepada kerjasama untuk sama-sama berkembang dari sisi pembangunan dari segi keuangan dan berbagai sektor lainnya. Jadi kita akan coba membangun kerjasama dibidang kontruksi dan bukan hanya di Jakarta dan di pulau Jawa seperti penandatangan yang sudah beres tadi itu terkait di Sumatera Selatan dan itu salah satu yang menjadi tumpuan kami juga the next emerging-market," jelas Har Man.

"Kita tahu Bapak Jokowi sedang mengundang investasi dari luar, mungkin itu salah satu dari signal. Karena itu Malaysia mungkin bisa menjadi teman utama. Insyaallah yang terpenting bagi kami berkembang bersama," pungkasnya.

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.