Grand Opening Gedung Sarinah, Diresmikan Oleh Presiden Joko Widodo

  • Kamis, 14/07/2022 - 17:19 WIB
Hai sobat Souja!

Hari ini (14/07) Sarinah melaksanakan grand opening gedung barunya yang terletak di jalan MH. Thamrin no. 11 Jakarta Pusat dengan mengangkat tema Peresmian Transformasi Sarinah. Gedung Sarinah dengan wajah baru ini dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meski sudah dibuka untuk umum sejak 21 Maret 2022, orang nomor satu di Indonesia itu meresmikannya pada hari ini.

Jokowi tiba di Gedung Sarinah pukul 15.51 WIB bersama Ibu Negara Iriana dengan disambut tarian khas DKI Jakarta. Ia mengenakan pakaian batik yang dominan berwarna cokelat dan bawahan celana berwarna hitam. Hadir juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Setelah tiba, Jokowi menyempatkan diri berkeliling Gedung Sarinah untuk melihat koleksi batik yang dijual. Setelah berkeliling melihat Gedung Sarinah yang telah direnovasi, Jokowi menuju ke tempat acara peresmian Gedung Sarinah dilaksanakan.

Seperti diketahui Gedung Sarinah yang baru difokuskan untuk mendukung UMKM dan mengembangkan produk-produk lokal. Dengan begitu diharapkan dapat menjadi bagian etalase merek lokal Indonesia kepada dunia.

Menarik dari wajah baru Gedung Sarinah ini adalah adanya relief peninggalan Presiden Soekarno yang posisinya berada di Lobby Utara. Jika sebelumnya relief itu tak diketahui masyarakat luas, kini posisinya berada di lokasi yang ramai dilalui pengunjung karena berada di depan eskalator.

Sehari sebelum pelaksanaan grand opening Sarinah, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengecek langsung Sarinah. Menurutnya, itu merupakan persiapan sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Momen pengecekan dibagikannya melalui media sosial Instagram pribadi miliknya. Ia terlihat mengunjungi setiap sudut Sarinah yang dinilainya penting.

"Hari ini (13/7) memastikan kembali kesiapan @sarinahindonesia sebelum besok (14/7) diresmikan oleh Presiden @jokowi," katanya, dikutip melalui sosial medianya.

Mengenakan batik, Erick thohir nampak serius memperhatikan setiap sudut Sarinah. Mulai dari pintu masuk, hingga sudut-sudut bersejarah. Pemugaran dan fokus Sarinah jadi salah satu perhatian penting Erick sejak awal.

"Agar secara fasilitas betul-betul memadai aktivitas bagi para komunitas dan UMKM," katanya.

Sisi ornamen sejarah pun tak luput dari pengecekan Erick. Setelah renovasi, sudut ini menjadi salah satu favorit banyak orang.

"Sebuah peninggalan sejarah siap menyambut masyarakat dengan wajah barunya. Bismillah," tutup Erick Thohir.

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.