Pameran Franchise Hadir Kembali di Semarang, IFBC 2022 Tawarkan Solusi Cara Mudah Berwirausaha

  • Selasa, 09/08/2022 - 14:37 WIB
Semarang, 9 Agustus 2022 - Tahun ini merupakan momentum yang penting bagi wirausaha nasional Indonesia untuk melakukan “The Great Rebound” sekaligus memperkuat ketahanan wirausaha. Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Neopromosindo kembali hadirkan Pameran Rangkaian Nasional Info Franchise & Business Concept 2022 di UTC Convention Hotel Semarang 22 – 24 Juli 2022 lalu. Mengusung tema “Ready, Get Set, Grow” rangkaian pameran tahun ini diawali di
Tangerang (untuk Jakarta dan sekitarnya), kemudian selanjutnya bertempat di Semarang (untuk Jawa Tengah dan sekitarnya) yang merupakan kegiatan ke-157 kali sejak tahun 2006. Diikuti oleh setidaknya 47 merek usaha franchise & peluang usaha terkini. Tercatat transaksi 3 hari kegiatan mencapai 82 miliar rupiah dan akan terus bertambah. Pada kesempatan ini, AFI memberikan penghargaan antara lain; “IFBC Franchise & Business Opportunity 2022; Waralaba Padat Karya, Akademisi Waralaba Indonesia Jawa Tengah, Inspirational Womenpreneur 2022 Central Java, Promising Business Opportunity, Sustainable Business, hingga Best B2B Provider 2022” (Jumat 22/07). Selama pameran berlangsung, pengunjung disuguhkan dengan berbagai penawaran khusus dan inspirasi bisnis. Tidak hanya ragam usaha kekinian, pengunjung juga dapat mengikuti kurasi produk kriya & fesyen siap ekspor secara gratis, juga beragam talkshow wirausaha insfightful di panggung acara secara gratis.
 

 
Waralaba terkait memulai, mengembangkan dan ketahanan sistem bisnis sehingga menghasilkan bisnis yang terbukti sustainable dan menguntungkan. Asosiasi Franchise Indonesia bersama dengan PT Neo Expo Promosindo (Neopromosindo) pada tahun ini mengawali Pameran Rangkaian Nasional Info Franchise dan Business Concept 2022 (IFBC) yang menghadirkan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi pengusaha dengan memilih ragam referensi peluang bisnis (franchise, peluang usaha, investasi, distributor, keagenan atau kemitraan) melalui sarana pameran di 4 kota besar Indonesia. Memasuki tahun rangkaian ke- 16, rangkaian pameran ini akan hadir di Tangerang, Semarang, Surabaya, dan Jakarta. Mengutip data dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia pada Juni 2022, kinerja perekonomian selama tahun 2021 terus mengalami perbaikan tumbuh 3,69%, meningkat dari tahun sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 2.07% year on year. Pertumbuhan waralaba di tahun 2021 tercatat ada 113 pemberi waralaba dalam negeri baru yang memiliki STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba), naik 5% dari tahun sebelumnya. Kita bersama bisa berkontribusi menumbuhkan perekonomian selepas pandemi ini dengan berwirausaha.
 

 
Pameran IFBC 2022 yang berlangsung selama 3 hari (Jumat s.d. Minggu) menghadirkan lebih kurang 47 merek baik waralaba maupun peluang usaha. Pameran buka pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. Kegiatan yang disponsori oleh Gojek ini memberikan tawaran solusi tansportasi penunjang bisnis bagi para pelaku usaha di Semarang dan Jawa Tengah. Berbagai macam bisnis franchise dan peluang usaha di kegiatan pameran IFBC 2022 ini juga tawarkan ragam peluang usaha bagi masyarakat umum, mulai dari 5 Juta rupiah hingga ratusan juta rupiah. Pada sektor bisnis retail terdapat Alfamart (kebutuhan harian), Air Minum Biru (retail air minum isi ulang higinis), Erafone (retail gawai), Patina Design (retail lantai SPC), Utomodeck (retail atap solar panel & atap rangka baja) dan Shirudo Lab (retail produk kesehatan).
 

 
Ragam usaha keninian pada segmen kuliner yang dihadirkan antara lain Kebab Turki Babarafi, Pide Turkish Pizza, Container Kebab, Ngikan, Nyapii, C’Bezt Fried Chicken, Tukuo Dimsum, Yasaka Fried Chicken, Oppa Corn Dog, Ayam Gepuk Pak Gembus, Wong Brebes Miliarder, Basreng & Cimol Ceunah, Dikwaa Cake, Bakso Kampungqu, Roti Ropi, Roti Gembong Happy, Hore Steak. Temui ragam bisnis minuman milenial seperti Menantea, Chocochiz, Meenum, Fill-Me dan Es Teler Kapten.
 
Sedangkan bisnis binatu (laundry) yang tidak pernah sepi penggemarnya, dapat ditemukan seperti Speed Queen, Washteria, dan LG Netto Laundromat. Bisnis menarik lainnya yang dapat dikunjungi; Kiara Ecoprint (retail fesyen), Importir.org, Entrepreneurs.id, dan CloudKitchen.id. Acara Pameran IFBC 2022 Semarang juga diikuti oleh UKM lokal antara lain; Arva Kripik Tempe, Iwak Nyuzz, Eca Hanmade, Ninggara, Angelove Bakery, Kova Cake dan Kiara Ecoprint Jepara.
 
Untuk menunjang kinerja bisnis, dihadiri juga oleh; Ralali.com, iSeller POS, D’Retail POS, Evlogia Organizer dan Indonetwork.co.id. Konsultasi perkembangan bisnis dapat dilakukan di sejumlah stan pemamer antara lain DK Consulting, Sahabat UMKM dan Asosiasi Franchise Indonesia.
 

 
Pada hari pertama, Jumat (22/07) acara pembukaan diawali dengan penampilan tarian daerah “Semarangan.” Masih dalam rangkaian acara pembukaan, AFI berikan penghargaan “IFBC Akademisi Waralaba” yang telah berkontribusi dalam pemikiran dan berdasarkan penelitian terhadap perkembangan industri waralaba nasional, kepada Bapak Dorojatun Prihandono, S.E., M.M., Ph.D. (Universitas Negeri Semarang), langsung diserahkan oleh Bapak Drs.Anang Sukandar, CFE. (Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia). Pada acara pembukaan pameran IFBC 2022 Semarang tersebut AFI & Neopromosindo berikan Apresiasi “IFBC Franchise & Business Opportunity 2022” kategori IFBC Waralaba Padat Karya Jawa Tengah kepada Alfamart (diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Bapak H. Taj Yasin Maimoen), Kategori IFBC Sustainable Franchise Award 2022 kepada Air Minum Biru (diserahkan oleh Bapak dr.Widoyono, M.Ph., Kepala Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang mewakili Walikota), Kategori IFBC Promising Business Opportunity 2022 kepada Erafone (diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah), Kategori IFBC Local Focus Franchise &
Business Opportunity 2022 kepada Melia Laundry (diserahkan oleh Bapak Djoko Kurniawan, DK Consulting), Black Kebab (diserahkan oleh Ketua Kehormatan AFI) dan Bakso Kampungqu (diserahkan oleh Wakil Ketua Umum Ekonomi Kreatif Kadin Jawa Tengah, Ibu Syanaz Nadia W.P), Kategori IFBC Established Business Opportunity 2022 kepada Speedqueen Laundry
(diserahkan oleh Ketua Kehormatan AFI), Kategori IFBC Best B2B Provider 2022 kepada Ralali.com (diserahkan oleh Bapak Djoko Kurniawan, DK Consulting). Selain itu pada Pameran IFBC 2022 Semarang berlangsung, AFI & Neopromosindo juga memberikan Apresiasi “IFBC Inspirational Womenpreneur 2022 kepada Ibu Aida Noplie Chandra selaku Pengusaha Multi
Bisnis di Semarang, Jawa Tengah, penyerahan penghargaan diserahkan oleh Ketua Kehormatan AFI.
 

 
Peresmian pameran dilakukan dengan pengguntingan pita Bersama sejumlah VIP yang hadir diantaranya Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Drs.Anang Sukandar, CFE., perwakilan Gubernur Jawa Tengah (Bapak H. Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin)), Walikota Semarang diwakilkan oleh Bapak dr. Widyono, M. Ph., selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, CEO DK Consulting Bapak Djoko Kurniawan, Senior Franchise & Business Consultant, Ketua Kamar Dagang & Industri (KADIN) Jawa Tengah (Bapak Harry Nuryanto) diwakilkan oleh Wakil Ketua Umum Ekonomi Kreatif Kadin Jawa Tengah (Ibu Syanaz Nadia W.P, Ketua IWAPI Jateng Ibu Hj. Ning Wahyu, S.Sos., Ketua Umum Asosiasi IUMKM Indonesia (AKUMANDIRI) Ibu Hermawati Setyorinny, Ketua Sahabat UMKM Ibu Joanina Rachma Novinda, Ketua Komunitas SAHABAT UMKM yang diwakilkan oleh Bapak Faisal Hasan Basri, Sekjen Komunitan Sahabat UMKM Nasional.
 
Kegiatan kurasi produk kriya & fesyen layak ekspor bersama Sahabat UMKM Jawa Tengah dan Masyarakat Ekonomi Syariah Perwakilan Khusus Oman & Yaman berhasil memukau dan buka wawasan hadirin seputar produk yang layak masuk pangsa pasar internasional. Talkshow Wirausaha Inspiratif bersama Gojek yang membahas “Efisiensi Layanan Transportasi untuk Dukung Bisnis UMKM” memberikan solusi transportasi penunjang bisnis bagi para pelaku peluang usaha di Jawa Tengah (Jum’at 22/07). Seminar mengenai “Mengenal & Membangun Bisnis Waralaba” terbuka untuk para akademisi, para Mahasiswa/I dan khusus untuk pengunjung umum berbayar Rp 70 ribu (Jum’at 22/07). Terlebih disuguhkan pula talkshow
menarik lainnya mengenai “Konsep Bisnis Syariah” bersama Wong Brebes Miliarder (Sabtu 23/07). Terdapat juga Talkshow menarik lainnya dari Netto Laundromat yang membahas “Peluang Bisnis Franchise Laundry” serta Talkshow yang membahas bisnis kuliner bersama Ayam Gepuk Pak Gembus (Minggu 24/07). IFBC 2022 menjadi one stop business solution untuk bersama-sama “ready, get set, grow” di masa jelang endemik agar ekonomi bangsa dapat bangkit kembali. Melewatkan kegiatan IFBC 2022 Semarang kami di UTC Convention Hotel Semarang? Tenang, rangkaian kegiatan IFBC 2022 berikutnya di Surabaya 9 – 11 September 2022 dan Jakarta 28 – 30 Oktober 2022. Ini saatnya ciptakan peluang berwirausaha pada gelaran Pameran Franchise & Peluang Usaha IFBC 2022.  

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.