Ini Dia Tanda Yang Sering Kita Abaikan Ketika Dehidrasi

  • Senin, 07/08/2017 - 10:26 WIB
Halo Sobat Souja, tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup agar tetap bugar dan bisa bekerja dengan baik. Air tak hanya dibutuhkan saat berolahraga, tetapi juga saat beraktivitas sehari-hari. Namun sayangnya, masih banyak orang yang mengalami dehidrasi tanpa menyadarinya.


Mengapa bisa demikian? Kemungkinan besar karena tak semua orang menyadari bahwa mereka sedang dehidrasi. Rasa haus bukan satu-satunya gejala dehidrasi. Berikut adalah beberapa gejala dehidrasi lainnya yang seringkali tak disadari oleh kebanyakan orang.


Sakit kepala


Meski tak minum selama seharian penuh, tubuh akan terus kehilangan cairan di dalamnya. Ini berarti tubuh juga kehilangan garam penting seperti sodium dan potasium karena garam tersebut juga ada dalam cairan yang dikeluarkan tubuh. Kehilangan garam ini akan mempengaruhi zat kimia yang ada dalam darah. Hal ini membuat otak menjadi lebih sensitif terhadap perubahan dan bisa berujung pada sakit kepala.


Sakit kepala akan terasa semakin parah jika kamu semakin banyak kehilangan cairan dan tak segera mengisinya kembali. Semakin banyak cairan yang hilang dari tubuh, semakin sedikit oksigen yang mengalir pada otak. Ini membuat pembuluh darah semakin sempit dan sakit kepala semakin parah.


Urine berwarna kuning pekat


Jarang memperhatikan warna urine? Mulai sekarang biasakan untuk mengecek warna urine karena cairan tersebut bisa menunjukkan apakah kamu sedang mengalami dehidrasi atau tidak. Ketika dehidrasi warna urine akan berubah menjadi kuning pekat. Ini karena banyaknya zat sisa yang terkandung dalam cairan yang sedikit. Ketika seseorang tidak mengalami dehidrasi, zat sisa ini akan dikeluarkan dengan lebih mudah dalam cairan yang lebih banyak.


Konstipasi


Konstipasi bukan hanya berarti saat kekurangan serat, tetapi juga bisa kekurangan cairan. Air dalam tubuh membantu mengeluarkan zat sisa dari dalam usus dan tubuh. Karena itu, jika kamu mengalami dehidrasi dan kekurangan air, maka zat sisa makanan dalam tubuh tak akan bisa dikeluarkan dengan mudah. Akhirnya kamu mengalami konstipasi.


Itulah beberapa gejala dehidrasi yang jarang sekali disadari. Gejala di atas mungkin tampak seperti gejala masalah kesehatan lain dan bukannya dehidrasi. Namun gejala tersebut juga bisa muncul ketika kamu mulai kekurangan cairan dalam tubuh. 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.