Tips Pintar Saat Belanja Online

  • Selasa, 28/08/2018 - 03:37 WIB
 

Di zaman modern dengan perkembangan teknologi, saat ini banyak toko online yang bermunculan. Belanja online pun telah menjadi metode belanja populer. Hanya dengan modal gadget yang ada, lalu toko online pun bisa dimiliki. Ini alasan mengapa toko online adalah bisnis booming. Hal ini semakin menarik minat para calon konsumen untuk berbelanja secara online karena lebih praktis dengan cukup mengakses melalui gadget ataupun Smartphone yang mendukung fitur untuk browsing di Internet.

Namun, ternyata hal ini bisa jadi sangat berbahaya bagi para pelaku belanja online. Nyatanya, Indonesia adalah negara dengan penipuan online tertinggi di dunia, yang kemudian diikuti oleh Vietnam dan India. Kasus penipuan ini tercatat paling banyak 26% konsumen Indonesia pernah menjadi korban penipuan online. Ini membuktikan bahwa kesadaran akan belanja pintar masih kurang.

Yuk sedikit kita bedah, cara belanja pintar agar terhindar dari penipuan online.

Kenali Penjual

Disini perlu ada sedikit skill kepo (knowing every particle things). Sebelum membeli produk, cari tahu dengan membaca review tentang toko online tersebut, websitenya, testimonialnya, reputasinya dll. Berhati-hati jika penjual masih newbie, belum ada reputasi. karena informasinya pasti sangat sulit untuk dicari.

Cek harga barang yang dijual 

Kenapa? karena bisa saja harga miring menandakan kalau barang tersebut tidak original. kenali juga produk yang akan dibeli. hal ini penting dilakukan, karena dengan mengenali spesifikasi produk maka kecil kemungkinan pembeli akan tertipu. 

Sistem Pembayaran

Pelajari cara pembayaran setiap transaksi yang digunakan oleh toko online, dan pilihlah cara yang paling aman. Kini sudah tersedia bayar transaksi belanja dari applikasi mobile wallet. pembayaran dengan menggunakan applikasi mobile wallet agar terhindar dari penipuan, 100% menjanjikan uang kembali jika barang belum ditangan. Mobile wallet juga mempermudah transaksi, tidak perlu repot menyimpan bukti transfer karena dengan otomatis penjual mendapatkan notifikasi sms langsung.

Selamat menikmati belanja online aman, nyaman, dan tak terlupakan.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.