Langkah Perkuat Daya Tahan Tubuh Agar Tak Terkena Flu

  • Kamis, 05/03/2020 - 09:54 WIB

Flu yang disebabkan karena infeksi memang akan dengan mudah menular ke orang sekitar melalui udara. Cara agar tidak tertular adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga virus atau bakteri pun tidak akan berkembang biak di dalam tubuh. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah:

1. Olahraga teratur Tetap aktif dengan mengikuti rutinitas olahraga yang teratur. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurologic Clinicians, olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis dalam tubuh, mengurangi stres dengan mengatur pelepasan hormon stres, hingga memperlancar sirkulasi sel darah putih yang dapat melawan penyakit (leukosit) yang membantu tubuh melawan flu.

2. Jaga kebersihan tubuh Membatasi paparan terhadap penyakit dengan menghindari kuman adalah kunci untuk tetap sehat dan jauh dari penyakit. Kebiasaan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi setiap hari, mencuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan, mencuci tangan sebelum menggunakan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda berhubungan dengan mata atau mulut.

3. Jangan merokok Ini adalah alasan lain untuk berhenti merokok, karena rokok bisa melemahkan daya tahan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa perokok lebih sering terkena flu daripada yang bukan perokok. Asap rokok bisa mengeringkan saluran hidung dan merusak silia (rambut halus yang berfungsi untuk menyaring kuman yang masuk ke hidung). Bahkan berdekatan dengan perokok juga bisa meningkatkan risiko terkena flu dan demam.

4. Perbanyak konsumsi buah Mengonsumsi buah terutama yang mengandung vitamin C ternyata dapat menurunkan infeksi pada saluran pernafasan sebanyak 25 persen. Selain vitamin C, vitamin D ternyata juga mempunyai pengaruh terhadap daya tahan tubuh.

5. Mengonsumsi sayuran hijau Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rekan kerja mu di kantor mungkin saja saat ini banyak yang terjangkit serangan flu. Jangan panik dan tak perlu khawatir tertular. Perkuat sistem imunitas tubuh dan lakukan kiat di atas agar terhindar dari serangan sakit flu.

 Nah itu caranya sobat souja agar kita bisa mejaga daya tubuh agar tidak terkena flu. Selamat mencoba ya!


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.