Memasak adalah salah satu kegiatan wajib bagi sebagian besar wanita. Walaupun sekarang" />

Trik Praktis Di Dapur Agar Memasak Lebih Cepat dan Mudah

  • Rabu, 18/03/2020 - 10:24 WIB
Memasak adalah salah satu kegiatan wajib bagi sebagian besar wanita. Walaupun sekarang banyak juga pria yang kini menyenangi aktivitas ini.
Karenanyalah kegiatan memasak harus enjoy dan nyaman. Supaya kegiatan memasak bisa seperti itu ada beberapa hal yang musti di perhatikan.
Berikut trik agar memasak lebih cepat dan mudah

1. Jangan menggunakan wajan kecil
Jika kamu menumis, menggoreng atau memanggang, penting untuk tidak menggunakan panci yang kecil. Apabila ingin membuat makanan dengan tekstur meleleh di dalam dan sedikit kecokelatan di luar, maka jangan menggunakan wajan yang terlalu kecil karena akan membuat semua bagian kecoklatan. Wajan yang sempit juga akan banyak menghasilkan uap sehingga menyebabkan masakan cepat gosong.

3. Tajamkan pisau
Tentu saat ingin memotong, kamu lebih memilih pisau yang tajam dibandingkan dengan pisau tumpul. Karena pisau tajam lebih mudah dalam memotong sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Kamu pun dapat mengasah pisau sendiri dengan batu asahan. Ini juga mempercepat proses memasak.

4. Siapkan semua bahan masakan sebelum memasak
Setelah kamu tahu apa yang ingin dimasak, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dan memotong semua bahan. Lalu masukkan semua bumbu sesuai resep ke dalam mangkuk kecil. Dengan mempersiapkan hal ini tentu memasak lebih cepat, tanpa harus berhenti atau bingung di tengah jalan.

5. Letakkan peralatan dapur serapih mungkin
Mungkin bagi kamu dengan meletakkan blender, mixer, toaster, dan teko di atas meja terlihat normal. Tetapi sebenarnya dengan adanya peralatan itu akan membuat lebih sulit memasak dengan efektif. Karena ketika kamu bekerja di tempat yang sempit, kualitas memasak mungkin akan menurun. Maka lebih baik cari ruang lemari atau rak untuk menyimpan barang-barang tersebut saat tidak digunakan.

6. Mengatur suhu api
Tentu saja, dengan memanaskan wajan atau memasukkan makanan ke dalam oven bisa membuat makanan lebih cepat matang. Tetapi justru akan menyebabkan bagian luar gosong dan bagian dalam masih mentah. Tipsnya adalah apabila ingin memasak daging, mulailah dengan wajan panas lalu kecilkan api setelah daging telah dimasak.

Nah, Sobat Souja, selamat memasak !

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.