Tips Jitu Agar Tetap Produktif saat Harus Work From Home

  • Sabtu, 28/03/2020 - 07:19 WIB

Seperti yang sudah diketahui, pandemic virus corona atau Covid-19 membuat pemerintah menyarankan perusahaan menetapkan kebijakan work from home untuk memperkecil risiko penularan virus tersebut.

Nah, tidak semua kantor memiliki kebijakan ini sebelumnya, sehingga banyak pegawai yang merasa kesulitan saat harus bekerja seperti biasa namun tidak dalam suasana kantor.

Bisa-bisa kita terlena karena tetap di rumah sehingga pekerjaan tidak terselesaikan dan produktivitas menurun. Lalu, bagaimana caranya supaya tetap produktif meski sedang bekerja di rumah? Simak tipsnya sekarang!

1. Bekerja Sesuai Jadwal Biasa

sumber gambar: pexels

Ini penting, misalkan setiap hari Sobat Souja masuk kantor jam 9.30, usahakan Sobat Souja sudah siap bekerja seperti biasa Sobat Souja di kantor, jangan jadi bangun terlalu siang. Begitu pula dengan jam selesai bekerja, jika normalnya jam 6 Sobat Souja sudah pulang, lakukan juga saat work from home.

Bekerja di rumah bukan berarti Sobat Souja bisa mengerjakan pekerjaan kapan saja, lho! Dengan begitu Sobat Souja bisa menentukan prioritas pekerjaan Sobat Souja.

2. Buat Peraturan dengan Orang Rumah

sumber gambar: pexels

Jika Sobat Souja tidak tinggal sendiri atau sudah berkeluarga, penting untuk membuat peraturan dengan orang-orang di rumah, misalnya dengan orang tua, pasangan, atau anak. Sekolah juga sudah diliburkan selama beberapa minggu untuk alasan yang sama, nah, Sobat Souja bisa menyesuaikan jadwal dengan suami jika di hari atau jam tertentu Sobat Souja harus conference call.

Jika Sobat Souja masih tinggal bersama orangtua, Sobat Souja perlu memberi mereka pengertian bahwa meski Sobat Souja bekerja dari rumah, bukan berarti Sobat Souja libur dan bisa melakukan house chores dalam waktu yang panjang, semua bisa didiskusikan terlebih dahulu agar saat bekerja kamu bisa fokus.

3. Buat Jadwal Meeting dari Jauh Hari

sumber gambar: pexels

Saat di kantor, tidak jarang ketika Sobat Souja tidak ada jadwal meeting, tiba-tiba atasan atau kolega mengajak meeting dengan mendadak. Nah, sepertinya cara seperti ini agak sulit diterapkan saat bekerja di rumah, karena bisa saja Sobat Souja sedang tidak standby.

Jadi, buatlah kesepakatan bersama bahwa jadwal meeting harus dijadwalkan dari jauh-jauh hari agar Sobat Souja bisa mempersiapkan diri sehingga tidak ada kejadian saling menunggu karena belum standby. Memasang reminder di smartphone yang sudah terintegrasi dengan kalender email menjadi solusi yang tepat.

4. Jangan Lupa Istirahat

 

sumber gambar: pexels

Hanya karena Sobat Souja bekerja dari rumah, bukan berarti tandanya Sobat Souja santai seharian, lho! Meski dari rumah, Sobat Souja harus tetap istirahat layaknya sedang di kantor. Mungkin saat kepala sedang pusing, Sobat Souja bisa istirahat sebentar sambil meregangkan otot, atau menyeduh kopi.

Karena seringnya, justru orang-orang yang sedang work from home malah menjadi memforsir pekerjaannya sehingga jadi terlalu letih dan jatuh sakit. Wah, jangan sampai jadi seperti itu, ya!

5. Tetapkan Satu Tempat Khusus untuk Bekerja

sumber gambar: pexels

Meski bekerja sambil tiduran di kasur atau di sofa sangat menggoda, banyak orang yang sudah berpengalaman bekerja dari rumah tidak merekomendasikan cara bekerja yang seperti ini, lho.

Idealnya, Sobat Souja bekerja di meja belajar atau meja kerja agar Sobat Souja bisa tetap fokus. Jika tidak ada, Sobat Souja bisa memanfaatkan meja makan agar seolah-seolah sedang merasa di kantor.

Itu dia kelima tips agar tetap produktif selama bekerja dari rumah atau work from home. Well, semoga kita tidak berada di kondisi seperti ini berlarut-larut, ya! Stay safe, everyone!

Sumber artikel: Thread.Zalora


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.