5 Perawatan Telapak Tangan yang Kering Akibat Keseringan Cuci Tangan dan Pakai Hand Sanitizer

  • Sabtu, 28/03/2020 - 07:19 WIB

Mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer setiap waktu sudah jadi kebiasaan sejak virus corona masuk ke Indonesia. Meski efektif mengurangi bakteri dan virus yang menempel di telapak tangan, namun ada kandungan dalam sabun cuci tangan ataupun hand sanitizer yang bikin telapak tangan jadi kering. Apalagi yang nggak dilengkapi pelembab. Niatnya tetap steril, tapi malah kering dan mengelupas. Sayang bukan?

Nah, sebelum kulit telapak tangan Sobat Souja mulai mengelupas, baiknya coba terapkan cara-cara berikut untuk merawatnya.

1. Aplikasikan gel lidah buaya setelah cuci tangan atau pakai hand sanitizer

Sobat Souja bisa pakai lidah buaya asli ataupun gel yang sudah banyak dijual di pasaran. Sebelum mengaplikasikan gel lidah buaya ini, pastikan bahwa tangan Sobat Souja sudah cukup kering setelah cuci tangan atau dipakaikan hand sanitizer. Selain gel lidah buaya, Sobat Souja juga bisa menggunakan hand cream loh!

2. Malam hari sebelum tidur, oleskan minyak zaitun ke area tangan

Agar lebih efektif, lakukan pemijatan sebentar. Kalau tidak ada minyak zaitun, boleh diganti dengan minyak kelapa. Selain meminimalisir telapak tangan yang kering, cara ini juga bisa bikin kulit jadi lebih halus. Jika sudah muncul tanda-tanda kulit mengelupas, minyak zaitun boleh Sobat Souja oleskan pada malam hari dan paginya tinggal bilas dengan air hangat.

3. Rendam tangan dengan air hangat yang diberi sejumput garam tiap dua hari sekali

Pastikan suhu benar-benar pas agar kulit telapak tangan tidak semakin mengelupas. Kalau mau lebih lembab, Sobat Souja bisa menambahkan setetes minyak zaitun di larutan air garam ini. Rendamnya tidak perlu lama, 10 menit saja sudah cukup kok.

4. Cobalah sesekali masker telapak tangan menggunakan kentang

Selain bisa mengangkat sel kulit mati karena kandungan antioksidannya, kentang juga bisa melembapkan kulit yang kering. Sobat Souja hanya perlu memarut kentang lalu tambahkan dengan sedikit madu lalu aplikasikan ke telapak tangan. Setelah 10 menit, bilas masker kentang dengan air hangat.

5. Selain kentang, Sobat Souja juga bisa memanfaatkan pisang untuk dijadikan masker

Kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup banyak bisa mengembalikan kelembapan telapak tangan. Caranya, blender pisang, oleskan ke telapak tangan, lalu bilas dengan air. Kalau mau ditambahkan madu atau minyak zaitun juga boleh loh!

Kesannya sepele, tapi pengelupasan kulit seperti ini kadang terasa perih loh! Nah, biar telapak tangan Sobat Souja tetap lembut meski tiap hari harus cuci tangan atau pakai hand sanitizer, terapkan tips-tips di atas, ya!

Sumber artikel: hipwee.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.