Dear Millennial, Sadar Nggak Kenapa Uang Selalu Habis Sebelum Gajian?

  • Rabu, 25/03/2020 - 08:41 WIB

Disadari atau tidak saat ini kaum millennial atau yang lebih keren dengan istilah anak kekinian selalu mengangggap bahwa kehidupan sosial, terlebih kehidupan di sosial media sebagai salah satu aspek yang penting.

Dengan adanya media sosial, prilaku konsumtif untuk memenuhi gaya hidup saat ini memang tengah lekat degan karakteristik kaum millennial alias anak kekinian. Disadari atau tidak, dengan pola hidup ala kekinian bisa menjadi sebagai salah satu masalah terbesar dalam keuangan jika Sobat Souja tidak dapat mengelolanya dengan baik.

Lho, kok bisa? Pasti bisa. Karena sebagaian besar atau mungkin salah satu kegiatan dibawah ini bisa jadi sudah menjadi kegiatan rutinitas Sobat Souja yang disadari atau tidak mengakibatkan keuangan jadi berantakan. Apa aja? Yuk,cek!

1. Kuota internet yang sering jebol sebelum waktunya

Bukan lagi rahasia umum kalau paket data atau kuota internet merupakan barang wajib beli di kebutuhan kita setiap bulannya. Sebab, tanpa kuota internet dunia Sobat Souja akan hampa. Sobat Souja tidak akan mampu bereksis-eksis ria dan pamer kekinian di media sosial.

Di rumah, kampus atau kantor sih masih aman karena menggunakan sarana Wifi. Nah, kalau lagi diluar atau saat nge – mall, atau mungkin tidak menggunakan wifi dirumah gimana? Tidak cuma itu aja, terkadang kuota internet sering jebol sebelum waktunya karena biasanya Sobat Souja suka menonton  drama streamingan sampai lupa cek kuota.

2. Nongkrong hanya untuk update media sosial

Nah, kalau untuk yang ini siapa saja pasti pernah melakukannya dan bahkan teramat sering dilakukan oleh anak-anak kekinian alias anak-anak millennial. Mereka akan datang mengunjungi cafe-cafe ataupun tempat-tempat yang tengah hits dan instagramable di kalangan mereka. Dan kemudian pesannya hanya sekedar kopi susu agar terlihat seperti anak indie pecinta senja. Atau hanya sekedar pesan minum saja dan sepiring makanan kecil pendamping, namun tujuan utama nongkrong adalah perbanyak stock foto di tempat kekinian.

3. Pengeluaran terbesar di makeup dan gadget

Bagi sebagain besar wanita, makeup adalah identitas serta sebagai bentuk mengekspresikan diri mereka. Termasuk dengan para millennial atau kaum kekinian yang menganggap bahwa identitas diri sebagai salah satu isu penting dalam gaya hidup mereka.

Sehingga tak jarang bagi mereka, untuk rela berburu makeup keluaran brand terbaru baik drugstor ataupun luar hanya untuk sekedar memperlihatkan bahwa mereka mampu dan tidak ketinggalan.

Sama halnya dengan gadget, bagi anak kekinian gadget merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Mereka akan selalu update mengenai gadget keluaran terbaru dengan spesifikasi terbaru pula sebagai salah satu bentuk trend kekinian yang wajib mereka miliki. Tentu saja ha ini sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi sebagian kaum millennial atau kekinian.

4. Liburan ala selebgram tapi ujung-ujungnya tidak jelas

Banyak dari mereka yang seringkali melakukan liburan ke tempat wisata yang tidak jelas, hanya bermodalkan prinsip yang penting senang-senang bareng teman-teman terkasih, walaupun segan untuk menolak. Perkara punya uang atau tidak, bagi mereka urusan uang adalah perihal nanti saja yang terpenting sekarang adalah senang-senang.

5. Asal belanja apalagi kalau dengar kata diskon dan beli satu dapat dua

Generasi millennial identik dengan teknologi, termasuk perihal belanja online. Saking mudahnya bertransaksi, generasi millennial kerap dianggap boros. Terlebih bagi sebagian wanita tidak akan bisa berhenti jika melihat barang diskonan atau flash sale di aplikasi belanja online mereka.

Tidak hanya beberlanja melalui online, bahkan flash sale di beberapa store pun juga tak luput dari pandangan mereka haya dengan alasan “Eh, mumpung branded itu lagi sale gila-gilaan. Kapan lagi,nih..”

Konsep para millennial ini lebih memilih sesuatu yang dapat dikenang dibadingkan dengan sesuatu yang dapat dimiliki. Mereka rela menghabiskan uang mereka hanya untuk sebutan label “kekinian”.

Menghabiskan uang uantuk sebuah pengalaman memang akan mengajarkan banyak hal, namun kalau membeli barang yang hanya sekedar ingin tanpa menggunakannya hanya untuk sebuah label kekinian, sayang bukan?

Alangkah lebih baik, bila kita membeli barang untuk investasi masa depan, sepertinya akan jauh lebih keren dan oke, iya kan?

sumber artikel: hipwee.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.