Berbagai Manfaat Berjemur di Matahari Pagi

  • Minggu, 29/03/2020 - 08:30 WIB

Sobat Souja, Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Oleh karena itu, dianjurkan berjemur selama 15 menit pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Anjuran untuk berjemur di pagi hari, misalnya sambil berolahraga atau sekadar duduk di teras rumah, bukanlah tanpa alasan. Di samping meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari berjemur di pagi hari ;

vitamin D

Source :asset.kompas.com

1. Meningkatkan Produksi Vitamin D
Paparan sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot.
Tidak hanya itu, vitamin D juga dapat membantu mencegah beragam penyakit, seperti rakitis, osteoporosis, hipertensi, diabetes tipe 1 dan 2, serta multiple sclerosis.

fokus banget

Source :  Tribunnews

2. Serotonin
Selain merangsang tubuh untuk membuat vitamin D, sinar matahari juga dapat merangsang produksi hormon serotonin, sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati. Tingkat serotonin yang cukup tinggi dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif dan cara berpikir yang tenang dengan mental yang fokus

tidur nyenyak berkualitas

Source :  gatra.website

3. Memperbaiki Kualitas Tidur
Salah satu hal yang membuat tidur kamu lebih nyenyak adalah produksi hormon melatonin. Hormon melatonin adalah suatu hormon yang membantu kamu tidur nyenyak di malam hari atau yang mengatur siklus tidur kamu.

Sobat tidak perlu lama-lama berjemur untuk mendapatkan manfaat sinar matahari bagi jantung. Terlalu lama menghabiskan waktu beraktivitas di bawah sinar matahari justru berisiko menyebabkan dehidrasi hingga bahkan heat stroke.
Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat mempercepat penuaan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.
Untuk menghindari berbagai risiko ini, kamu hanya perlu terpapar sinar matahari setidaknya 5 sampai 15 menit di lengan, tangan, dan wajah setiap hariuntuk mendapatkan vitamin D yang cukup.

Namun ingat, untuk mendapatkan manfaatnya yang paling optimal, usahakan berjemur tanpa lebih dulu mengoleskan tabir surya. Memakai tabir surya nyatanya dapat menghambat kerja tubuh untuk memproduksi vitamin D saat terpapar sinar matahari.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.