Waspada Paketmu Terpapar COVID-19, Begini Tips Antisipasinya!

  • Jumat, 27/03/2020 - 02:37 WIB
Kemunculan wabah Corona atau COVID-19 secara tidak langsung telah mengubah gaya hidup masyarakat, utamanya dalam hal menjaga kebersihan serta sebisa mungkin menerapkan social distancing. Ada beberapa hal yang mungkin tidak Sobat Souja sadari namun rupanya beresiko terpapar Virus Corona lho, salah satunya adalah ketika kamu menerima pesanan daring (online) baik makanan, kebutuhan pokok, obat-obatan, kebutuhan fashion dan sebagainya. Sadarkah kamu akan kemungkinan bahwa paket tersebut mengandung bakteri atau virus? Lantas bagaimana cara mudah untuk membuka paket yang kamu terima? Disadur dari berbagai sumber, simak yuk tipsnya berikut ini! 


Pengiriman tanpa kontak langsung
 
  
 
Sebelum memesan secara daring, ada baiknya Sobat memilih dan memilah dengan bijak apakah penyedia jasa pengiriman telah memiliki jenis pengiriman tanpa kontak? Jika belum ada, Sobat bisa memintanya dengan sopan, berikan alasan logis tanpa menyinggung. Apa itu pengiriman tanpa kontak? Yaitu kurir hanya akan meninggalkan paket di depan pintu tanpa Sobat harus berinteraksi langsung dengannya. Hal ini menjadi salah satu upaya pencegahan yang sederhana, selain tentu saja bisa menjaga keselamatan kurir pengiriman. Jangan lupa ucapkan terima kasih karena telah bekerja sama dengan baik. 


Membuka paket di luar rumah 
 
  
 
Mengutip Huffpost.com, COVID-19 bisa bertahan di permukaan kardus dalam waktu kurang lebih 24 jam, sedangkan 2-3 hari bertahan di bahan plastik. Sebagai langkah pencegahan, Sobat lebih baik membukanya langsung sebelum masuk ke dalam rumah. Jangan lupa gunakan sarung tangan juga ya! 


Buang segera
 
 
 
Setelah membuka paket di luar rumah, segera buang kemasan pembungkus isi paket, letakkan di tempat sampah halaman rumah kamu. Kemudian, bersihkan lantai atau teras tempat Sobat membuka paket dengan cairan disinfektan sesegera mungkin. 


Cuci tangan
 
  
 
Melansir Fimela, langkah terakhir yang tidak kalah penting ialah mencuci tangan dengan sabun. Sudah banyak video bagaimana mencuci tangan dengan benar. Kamu bisa mempraktekkannya sebelum dan sesudah membuka paket. Cuci tanganmu selama 20 detik beberapa kali sehari. Ini sangat mudah dilakukan dan tidak memakan waktu banyak.


Selamat mencoba, stay healthy!  






About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.