Tetap Waspada, Kenali Gejala Terinfeksi Virus Corona Pada Anak

  • Senin, 06/04/2020 - 08:24 WIB
Sobat Souja, salah satu pertimbangan yang membuat pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akhirnya meniadakan Ujian Nasional serta meliburkan sementara seluruh kegiatan pendidikan adalah karena anak-anak merupakan sosok paling rentan terjangkit COVID-19. Hal ini cukup berasalan, karena anak-anak disebutkan belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Bagi Sobat Souja yang sudah menjadi orang tua atau memiliki adik dan keponakan tentu harus meningkatkan kewaspadaan. Melansir Liputan6.com, yuk kenali gejala awal terinfeksi Corona pada anak. 


Penurunan Nafsu Makan
 
  
 
Dokter Darmawan Budi Setyanto, spesialis anak dari Unit Kerja Koordinasi Respirologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan, gejala terinfeksi virus Corona terlihat dari penurunan nafsu makan, disertai dengan gejala lainnya.


Sesak Napas
 
  
 
Serupa dengan gejala pada orang dewasa, gejala pada anak selanjutnya adalah gejala terkait dengan saluran pernapasan anak. Menurut Dokter Darmawan, anak akan mengalami batuk, pilek, hingga suara napas yang berbunyi. Hal ini menjadi indikasi bahwa anak bisa saja mengalami gejala terinfeksi virus corona.

"Itu ketika proses penyakitnya hanya mengenai salurannya. Tetapi ketika sudah kena paru-parunya yang pneumonia, maka disertai gejala sesak," tambah Darmawan.


Kerap Kali Tidak Diawali Demam
 
  
 
Hal inilah yang membuat virus corona sangat diwaspadai karena sangat sulit diindentifikasi gejalanya. Dokter Darmawan pun mengingatkan bahwa Covid-19 adalah penyakit baru yang masih dalam tahap penelitian untuk mengetahui gejala spesifik pada anak-anak.

"Ada laporan di luar negeri yang sudah terjadi kasus terlebih dahulu, itu pada anak-anak cukup banyak yang tidak diawali dengan demam. Jadi hanya gejala saluran napas, batuk pilek, kemudian ternyata diperiksa terkonfirmasi COVID-19," kata Darmawan.


Gejala Tertentu Masih Belum Diketahui
 
  
 
Dokter Darmawan memperjelas bahwa virus coroan Covid-19 masih belum diketahui gejala yang spesifik terutama pada anak-anak. Namun beliau juga mengungkapkan bisa mengurangi penurunan fungsi paru-paru di masa depan.

"Kita belum bisa menjawab, seperti pertanyaan awal tadi apakah akan menimbulkan gejala sisa atau tidak pada yang kena pneumonia, kita belum bisa menjawab persisnya seperti apa karena belum banyak kasus pada anak yang dilaporkan," tandasnya.


Tetap bijak, rasional dan waspada ya Sobat Souja! Yuk, jaga diri dan orang-orang tercinta! 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.