Dari Zoom hingga Google Meet, 5 Aplikasi untuk Rapat Online Saat WFH

  • Jumat, 27/03/2020 - 02:37 WIB
Sobat Souja, kasus virus corona di Indonesia  terus bertambah. Salah satu imbauan agar jumlah penyebaran virus corona tidak semakin masif adalah masyarakat diimbau agar tidak keluar dari rumah. Para pekerja diminta untuk bekerja dari rumah atau istilahnya work from home ( WFH). Salah satu yang dibutuhkan dalam melakukan WFH adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk melakukan rapat secara online. Untuk melakukan hal tersebut, berikut beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan video rapat secara online:
 
 
1. Zoom
Melansir dari OWL Labs, Zoom adalah salah satu solusi bagi mereka yang ingin melaksanakan konferensi video. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur paket berdasarkan ukuran dan kebutuhan bisnis. Untuk menggunakan aplikasi ini bisa dengan tanpa biaya hingga harganya mencapai 19.9 dollar AS per bulan per host (dengan minimum 100 host untuk perusahaan besar). Fitur bagi tingkat perusahaan mencakup peserta hingga 200 orang, penyimpanan cloud tanpa batas, email khusus, URL pertemuan dan masih banyak lagi.
 

2. Google Hangouts
Google juga melebarkan sayap dengan menciptakan fitur Google Hangouts. Aplikasi ini bisa digunakan untuk masyarakat yang ingin melakukan rapat online secara gratis. Namun, tentunya untuk bisnis yang ukurannya lebih kecil. Tapi jika ingin berbayar bisa dilakukan mulai harga 6 dollar AS per bulan per pengguna unuk mendapatkan berbagai layanan G-Suite tim.
 

3. Google Meet
Google Meet adalah versi terbaru dari Google Hangouts. Google Meet dirancang untuk mengakomodir pertemuan terjadwal anggota tim, dengan fitur mirip Zoom seperti kalender, pemesanan ruang konferensi dan tampilan antarmuka yang lebih halus.
 

4. GoToMeeting
Aplikasi ini memiliki banyak fitur berguna, termasuk rapat instan atau penjadwalan rapat, layanan transkrip rapat dan perpesanan rapat. Harga GoToMeeting mulai dari 14 dollar AS per bulan untuk grup dengan angota mencapai 10 peserta dan biaya 29 dollar AS per bulan untuk grup yang lebih besar dari 150 peserta.
 

5. Skype Versi Bisnis
Layanan Skype dilengkapi dengan alat konferensi video yang layak digunakan perusahaan. Terdapat beberapa fitur untuk kategori bisnis ini, yakni memungkinkan 250 peserta dan koneksi dengan pengguna Skype lainnya. Serta adanya fitur papan tulis virtual.
 
Nah ternyata banyak banget aplikasi yang bisa Sobat Souja pakai ya untuk meeting dengan kantor secara online dirumah. Semoga bermanfaat ya Sobat Souja!
 
Source: Kompas.com



About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.