3 Tips Beradaptasi dengan Work From Home Bagi Karyawan Baru!

  • Minggu, 29/03/2020 - 08:30 WIB
Sebagai upaya menekan angka penyebaran infeksi virus Corona, perusahaan di kota-kota besar mulai memberlakukan kebijakan Work from Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Hal ini memang bukanlah hal baru, nyatanya banyak perusahaan startup yang sudah melakukan sistem kontemporer sejenis, agar selalu terhubung atau tetap mampu menyelesaikan tugas kantor walaupun secara fisik tidak hadir, istilah lainnya yaitu Remote Working. Bedanya, WFH sangat kompatibel dengan social distancing sedangkan Remote Working dilakukan dari mana saja. 


Bagi Sobat Souja yang kebetulan merupakan karyawan baru di kantormu atau pertama kali melakukan WFH tentu perlu penyesuaian. Lantas bagaimana caranya beradaptasi? Yuk, simak tips berikut ini. 


Paham Aturan Main Perusahaan dan Tugas Divisi
 
 
 
Sebagai karyawan baru, Sobat hendaknya memahami aturan main perusahaan. Salah satunya, harus melaporkan apa yang kamu kerjakan secara berkala atau terus terhubung dan hadir pada rapat daring (online). Penting juga untuk mengetahui dengan jelas pembagian kerja dari divisi yang ditempati saat seorang work from home. Dengan mengetahui apa dan bagaimana detail pembagian kerja serta arahan dari atasan dalam proses bekerja di rumah, target dan tujuan yang diinginkan akan tercapai dengan baik.


Komunikasi 
 
 
 
Kunci keberhasilan dari WFH adalah komunikasi. Komunikasikan dengan baik pada atasan atas pekerjaan yang sudah diselesaikan, kemudian minta evaluasi agar kamu bisa terus meningkatkan kinerja dan produktivitasmu. Hal semacam ini dilakukan guna mengetahui sejauh mana tugas yang diberikan dapat selesai dengan baik dan berpengaruh pada target perusahaan yang telah ditentukan.


Tidak Segan Bertanya pada Atasan atau Rekan Kerja
 
 
 
Work from home atau bekerja dari rumah terkadang memang menyenangkan bagi sebagian orang, akan tetapi bagi karyawan baru hal tersebut perlu dibutuhkan tenaga lebih demi bisa mengimbangi proses kerja guna pencapaian target perusahaan. Jika ada hal yang kurang bisa dipahami dan dimengerti, sebagai karyawan baru harus aktif dan tidak segan untuk bertanya pada atasan dan juga rekan kerja.


Happy working! 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.