Bingung Menjelaskan COVID-19 ke Anak? Yuk, Unduh Buku Edukatif dari KPPPA ini!

  • Sabtu, 28/03/2020 - 07:22 WIB
Sobat Souja, penyebaran wabah virus Corona sangat cepat. Anak-anak menjadi sosok paling rentan terinfeksi selain mereka yang sudah berusia lanjut. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memberikan pemahaman secara edukatif mengenai bahaya Corona dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Pemerintah melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) membuat beberapa buku edukasi mengenai virus Corona dalam bentuk PDF yang bisa diunduh secara gratis! Tampilan ilustratif yang menarik akan membuat anak tidak bosan dan mudah mengerti. Apa saja buku edukasinya? Melansir Popmama, berikut ini ulasannya!
 
 
  
Pindai Barcode di sebelah kanan bawah untuk mengakses buku edukatif KPPA
 

Gembira Bersama Ayah dan Ibu: Story Book 
Buku ini selain menjelaskan mengenai virus Corona, juga mengedukasi anak untuk mengerti kondisi saat orangtua harus menjalani Work From Home (WFH), mengapa orangtua harus menatap laptopnya di jam - jam tertentu, dan lain sebagainya. Bahkan dalam edisi Story Book ini, orangtua juga bisa mendapatkan inspirasi kegiatan menarik yang bisa dilakukan bersama anak di rumah, lho!


Gembira Bersama Ayah dan Ibu: Activity Book
Berbeda dengan versi Story Book, dalam Activity Book lebih menitikberatkan pada aktivitas. Ada 3 kategori yang akan mengedukasi anak mengenai bahaya virus Corona, diantaranya Bahaya Virus Corona, Pencegahan Virus Corona dan Kepedulian Anak terhadap Virus Corona di lingkungannya. Orangtua bisa langsung mencetak dokumen PDFnya dan langsung mengajak anak beraktivitas, bermain sambil belajar. 


Yuk, Jadi Pelopor dan Pelapor (2P) untuk Mencegah Penyebaran COVID-19
Jika dua buku sebelumnya menitikberatkan pada aktivitas dan cerita, pada buku ketiga ini memuat apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak saat Corona mewabah. Selain membuat anak semakin menyukai makanan sehat, buku ini juga diharapkan bisa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dengan menceritakan kepada orangtuanya saat temannya mengalami gejala sakit. 


Gembira Bermain di Rumah bersama Ayah dan Ibu
Formatnya berupa flyer edukasi yang memuat 6 pilihan permainan edukatif yang bisa dilakukan anak dan orangtua di rumah agar tidak bosan saat sekolah diliburkan sementara. 


Gembira Bersama Anakku di Rumah
Melengkapi buku Gembira Bermain di Rumah bersama Ayah dan Ibu, maka yang satu ini diperuntukkan bagi orangtua, sesuai judulnya. Ada 6 jenis kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak dilengkapi dengan penjelasan manfaat yang bisa didapatkan. 


Semua infografis dan buku edukasi PDF tersebut bisa diunduh melalui tautan https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/2627/tool-tips-menghadapi-covid-19-untuk-orang-tua-dan-anak


Unduh sekarang juga yuk Sobat Souja! 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.