Terlalu Sering Akses Berita Corona Bikin Psikomatis? Cegah dengan Tips ini Yuk!

  • Sabtu, 18/04/2020 - 10:01 WIB
Sobat Souja, virus Corona menjelma sebagai pandemi menakutkan yang seakan terus menghantui masyarakat baik secara fisik dan psikologis. Bagaimana tidak, pembahasan di media sosial, portal berita hingga grup Whatsapp adalah seputar COVID-19. Wajar jika kamu mulai dilanda kecemasan luar biasa akan keselamatan diri dan keluarga. Seseorang yang panik dan takut mungkin saja akan merasakan reaksi sugesti yang mirip dengan gejala virus corona. Gangguan ini disebut juga dengan psikosomatis. Supaya lebih jelas, simak penjelasannya berikut!
 
 


Gejala Psikosomatis 
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Klinik Psikosomatik Omni Hospital Alam Sutera, dr. Andri mengutarakan jika rasa cemas berlebih membuat tubuhmu akan mengalami gejala seperti diantaranya batuk, flu, demam dan sesak napas. Bedanya, gejala tersebut hilang timbul. 

"Saat orang mendapat info yang berbahaya dan terus-menerus, ini disimpan di amigdala, pusat memori. Pusat memori ini juga merupakan pusat kecemasan. Kalau kelebihan beban, juga akan merespons dengan kecemasan seolah merasa ketakutan luar biasa akibat keadaan itu. Ini suatu tekanan untuk diri kita, otak, stres negatif, bisa jadi gejala psikosomatik," ujar dr. Andri. 


Cara Mengatasi
Alih - alih larut dalam stress tak berkesudahan, yuk tangkal psikosomatis dengan beberapa langkah sederhana berikut ini. 

1. Pahami bahwa virus Corona seperti wabah yang lain dan cobaan lainnya, pasti akan berlalu;
2. Seimbangkan antara berita negatif yang Sobat terima dengan kabar baik, seperti inspirasi dari pasien yang sembuh;
3. Lakukan aktivitas bermanfaat yang membuat Sobat membatasi waktu untuk memegang ponselmu, seperti membersihkan rumah, membaca buku atau menonton film / serial favorit kamu;
4. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan diri serta orang-orang yang kamu sayangi. Berolahragalah secara teratur, jaga rutinitas tidur, dan makan makanan sehat; dan
5. Tetap terhubung secara virtual dengan rekan kerja, sahabat atau keluarga. 


Stay strong Sobat Souja, ayo saling bantu, saling jaga dan peduli sesama. Badai ini akan segera berlalu. Kita pasti menang! 




About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.