5 Tips Aman Memesan Makanan Online di Kala Pandemi Korona

  • Minggu, 03/05/2020 - 07:39 WIB
 

Sobat Souja, selama masa pandemi korona ini sangat disarankan untuk mengurangi kegiatan diluar rumah, terutama transaksi tukar menukar dalam pembelian barang, namun hal tersebut bisa kita siasati melalui pemesanan online, lalu bagaimana kita menjaga kebersihan selama pandemi ini berlangsung? yuk simak tips nya!

1. Memilih Restoran yang Terpercaya dan Terbukti Bersih
Pastikan memilih restoran yang terbukti bersih. Salah satu cara untuk mencari tahu tingkat kebersihan suatu restoran adalah dengan mencari review dari restoran tersebut di internet. Website seperti Zomato kerap menyajikan informasi mengenai suatu tempat makan. Selain itu, bisa juga dengan melihat media sosial dari restoran tersebut.

"Coba cek instagram resto yang mau dipesan, biasanya mereka akan post foto atau video proses persiapan masak dan packing makanannya. Lalu sewaktu mau memesan bisa tanya detail cara pengemasan dan pengirimannya juga, ujar pemilik restoran Spumante di kawasan Menteng Frederika Gozali seperti yang dikutip dari kompas.com

2. Memesan Makanan Matang
Makanan yang dimasak dengan matang membuat bakteri maupun virus mati. Sementara itu, makanan mentah seperti salad dan ikan mentah memiliki risiko pencemaran virus dan bakteri yang lebih tinggi.

3. Meminimalisir Kontak dengan Kurir
Saat memesan makanan melalui online, batasi kontak dengan kurir. Minta kurir pengantar untuk meninggalkan makanan di depan pintu atau pagar rumah. Transaksi pembayaran juga sangat dianjurkan dilakukan dalam bentuk cashless, sehingga tidak ada kontak pada saat pertukaran uang tunai. Bilamana membayar secara tunai, gunakan amplop pada saat menyerahkan uang.

4. Pindahkan Makanan ke Wadah Sendiri
Memindahkan makanan menggunakan wadah sendiri bertujuan untuk mengurangi paparan virus maupun bakteri dari luar. Ada kemungkinan bakteri menempel pada kemasan selama proses pengantaran.
Selain itu, panaskan makanan sebelum disantap. Pemanasan makanan ulang bertujuan untuk mematikan bakteri dan virus.

5. Buang Wadah dari Restoran
Setelah memindahkan makanan, segera buang kemasan. Pastikan Sobat Souja mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setelahnya.

 

Nah, itulah 5 tips memesan makanan secara online yang aman. Semoga Sobat Souja tetap sehat di kala pandemi korona ini, ya!

Sumber : kompas.com, halodoc.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.