5 Film Ghibli dengan Pesan Lingkungan Kuat

  • Minggu, 03/05/2020 - 13:54 WIB
 

Bumi adalah rumah kita satu-satunya. Di masa pandemi, Sobat Souja diingatkan bagaimana bumi yang seakan membaik. Berkurangnya polusi Udara dan air, berkurangnya timbulan sampah, bukan suatu yang harus dirayakan karena semua ini hanya sementara selagi pandemi. Kalau semua kembali normal, apakah manusia tetap bisa menjaga kondisinya seperti itu?

       Manusia yang seharusnya hidup berdampingan dengan alam seakan diingatkan akan keserakahannya dalam mengeksploitasi alam. Beberapa Film keluaran Studio Ghibli mengingatkan pula bagaimana manusia sudah egois dalam memanfaatkan alam. Hayao Miyazaki dan jajarannya, bertahun-tahun lalu, mengeluarkan film yang mengingatkan manusia akan ketidakpuasannya dan masih relevan hingga kini. Berikut film yang bisa Sobat Souja tonton!

1. Pom Poko

poster pompoko

source: google.com 

   Pom Poko menceritakan kisah sekumpulan rakun yang berusaha mempertahankan tempat hidupnya dari 'jajahan' manusia untuk membangun hunian dan theme park. Cerita ini menggambarkan bagaimana manusia menggusur tempat hidup hewan, dalam film ini rakun, dan bagaimana cara mereka balas dendam kepada manusia yang tidak kapok dikerjai oleh rakun ini.

2. Only Yesterday

poster only yesterday

source: uphe.com 

    Only Yesterday menceritakan kisah seorang anak perempuan yang tidak mempunyai kampung halaman. Ketika dewasa, ia mencari desa untuk liburan dari kehidupan kota yang bising. Anak ini ke desa mengikuti kehidupan di sana selama beberapa waktu. Film ini memperlihatkan bahwa mayoritas berisi orang tua yang bekerja di pertanian dan kebun di desa, sedangkan anak muda banyak yang merantau ke kota. Padahal yang mereka produksi di desa adalah benda yang diperlukan oleh orang kota.

3. Princess Mononoke

poster princess mononoke

source: gkids.com 

    Princess Mononoke bercerita tentang bagaimana seorang pemimpin desa bernama Ashitaka berusaha menyelamatkan desanya dari roh jahat yang menyerang. Ia pun mengembara untuk menyembuhkan tangannya yang terkena kutukan roh jahat setelah membela desanya, tetapi ia menjadi tahu apa yang menyebabkan roh jahat menyerang karena roh itu marah terhadap manusia yang merusak hutan untuk dimanfaatkan sebagai produksi senjata perang.

4. Nausicaa of the Valley of the Wind

poster nausicaa

source: theposterdb.com 

    Film ini bercerita tentang perempuan bernama Nausicaa yang ikut terlibat dalam pertempuran melawan kerajaan yang mau memusnahkan hutan yang berisi serangga raksasa. Latar waktu film ini menempatkan di masa depan yang distopia, dimana hutan rusak dan dihuni serangga raksasa ini dan bumi di ambang hancur. Kerajaan yang ingin memusnahkan hutan ini tidak tahu bahwa perilakunya menyebabkan serangga tersebut marah. 

5. Ponyo

poster ponyo

source:themoviedb.org 

    Ponyo bercerita tentang anak laki-laki yang tidak sengaja bertemu ikan yang hidup, bernama Ponyo. Ponyo dengan lika-liku ajaibnya, ternyata menyukai anak laki-laki itu. Ayah dan ibu Ponyo tidak suka dengan manusia karena menurut mereka manusia jahat dan mengotori lautan saja. Ponyo meyakinkan bahwa anak laki-laki tersebut baik dan tidak jahat seperti manusia lainnya.

       Beberapa Film ini benar-benar akan membuat manusia berefleksi tentang bagaimana perilakunya ternyata berpengaruh terhadap alam di sekitar. Sobat Souja bisa menonton beberapa film ini kalau tertarik mengenai cerita dan pesannya. Film Ghibli juga sudah bisa ditonton di Netflix. Selamat Menonton!

 

source: https://www.muchepic-review.com/2016/11/princess-mononoke-review-dan-analisis.html,

https://id.wikipedia.org/wiki/Nausica%C3%A4_of_the_Valley_of_the_Wind_(film),

https://www.kaskus.co.id/thread/56ed72c0642eb6bb208b4567/film-film-studio-ghibli-ini-mengajarkan-kita-untuk-mencintai-lingkungan/ 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.