6 Jenis Minuman Penstabil Asam Lambung yang Cocok dikonsumsi Saat Ramadhan

  • Minggu, 03/05/2020 - 13:54 WIB
 
Sobat Souja, seperti diketahui asupan gizi dan konsumsi air putih harus lebih terjaga saat berpuasa. Salah satunya adalah asam lambung yang sensitif. Faktor utama penyebab asam lambung adalah salah mengonsumsi makanan atau minuman. Agar asam lambung tidak kambuh, berikut ini rekomendasi minuman selain air putih yang bisa kamu konsumsi di saat berbuka dan sahur, seperti dikutip melalui Fimela.com


Air Kelapa Muda
 
  
 
Selain membantu menghilangkan rasa haus setelah berpuasa, air kelapa muda bisa menjadi minuman alternatif, untuk membantu mengatasi asam lambung. Air kelapa muda dikenal karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh, air kelapa juga bisa membantu menambah ion tubuh yang hilang, setelah seharian melakukan ibadah puasa. Meminum air kelapa muda secara rutin di bulan puasa, dapat membantu mengatasi efek negatif seperti rasa panas pada lambung, yang sering terjadi saat asam lambung sedang kambuh. Air kelapa muda memiliki kandungan kalium yang tinggi, yang memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, sehingga mampu mengatasi asam lambung.


Susu Nabati
 
 
 
Susu sangat bagus untuk membantu mempertahankan kalsium pada tulang, dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, apalagi disaat bulan puasa. Susu nabati ada banyak sekali macamnya. Mulai dari susu almon, susu kedelai bahkan susu yang terbuat dari gandum. Susu nabati memiliki komposisi alkali, yang bisa membantu mengatasi asam lambung dan meredakan gejala-gejalanya. Susu nabati tidak mengandung lemak tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi orang yang memiliki asam lambung.


Jus Buah atau Sayuran yang Rendah Asam
 
 
 
Jus buah dan sayuran memiliki rasa yang segar dan enak. Buah dan sayuran juga memiliki kandungan gizi. Kandungan buah dan sayuran bisa membantu menyehatkan tubuh. Buah dan sayuran juga bisa membantu mengatasi asam lambung, yang terjadi pada saat sedang puasa. Namun tidak semua buah dan sayur bisa mengatasi asam lambung. Ada beberapa buat dan sayur yang memiliki kandungan asam rendah, sehingga cocok untuk dijadikan jus, untuk mengatasi asam lambung saat puasa. Contohnya pada saat berbuka puasa minumlah jus wortel, jus buah bit, bayam atau mentimun.


Teh Herbal
 
 
 
Teh herbal bisa membantu mengatasi asam lambung, karena teh herbal bisa membantu memperlancar sistem pencernaan, serta membantu meredakan rasa mual di bulan puasa. Tidak semua teh herbal bisa dikonsumsi saat bulan puasa, karena beberapa teh justru membuat asam lambung meningkat. Untuk itu pilihlah teh herbal yang bebas kafein. Teh herbal bisa yang tidak mengandung kafein bisa ditemukan pada teh chamomile dan licorice. Jenis teh herbal yang tidak boleh dikonsumsi orang yang memiliki asam lambung adalah teh dari daun peppermint. Karena peppermint dapat memicu refluks asam lambung. 

Walaupun teh herbal bisa membantu mengatasi asam lambung, namun untuk mengonsumsi teh herbal di bulan puasa, harus sesuai dengan rekomendasi dari dokter.


Smoothie
 
 
 
Smoothie sangat bagus untuk mengatasi penyakit asam lambung, karena smoothies mengandung zat antioksidan dan nutrisi, yang terbuat dari beragam sayuran dan buah-buahan. Mengonsumsi smoothies di bulan puasa, bisa membantu meredakan dan mengurangi asam lambung dengan cepat. Terutama meminum smoothie dibuat menggunakan buah-buahan non sitrus, sayuran alkali dan yogurt.


Jahe Hangat
 
 
 
Jahe hangat bisa dinikmati saat buka puasa, untuk membantu mengatasi asam lambung, karena jahe merupakan obat-obatan tradisional yang memiliki banyak manfaat. Jahe memiliki kandungan antioksidan dan senyawa fenolat, yang bisa membantu meredakan iritasi pada saluran pencernaan, dan mengurangi kontraksi lambung.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.