Alasan Sulit Membedakan Hari Pada Saat Karantina di Rumah

  • Senin, 04/05/2020 - 07:17 WIB
 
     Sobat Souja mungkin merasakan kehilangan orientasi waktu saat di rumah aja. Kadang sulit membedakan antara hari selasa atau jumat, bahkan lupa kalau sudah weekend. Kekaburan ini banyak dirasakan orang, terutama ketika pandemi, orang harus bekerja atau kuliah dari rumah.
 
Zainab Delawala, Psikologis Klinis di Atlanta, menjelaskan bahwa ini adalah fenomena yang sangat sering terjadi. Psikolog lainnya  Sherry Benton, yang adalah profesor di Universitas Florida, menambahkan bahwa fenomena ini kerap terjadi setiap ada perubahan besar dalam rutinitas. Banyak orang yang sudah terbiasa berpindah dari rumah ke tempat kerja dan sekarang harus di rumah, itu yang mengganggu struktur rutinitas sehari-hari.
Hal semacam ini terkadang mengganggu pekerjaan. Mungkin bagi beberapa orang tidak, tetapi bagi yang terganggu ingin mengetahui mengapa bisa terjadi. Dilansir dari Huffpost.com, psikolog menjelaskan beberapa hal mengapa hal ini bisa terjadi.

 
1. Rutinitas normal sudah berubah
 
ilustrasi wfh
source:detik.com 
 
     Sebelumnya, sobat sudah terbiasa dengan rutinitas, pagi ke kantor, makan siang, kemudian kembali ke rumah dan bersantai. Ada penanda seperti selasa dan kamis ada kelas yoga atau zumba, rabu meeting dengan klien dan sebagainya. Dengan di rumah, penanda itu hilang dan setiap hari pun terasa sama.

 
2. Tidak ada pemisahan antara jam kerja dan waktu henti
 
ilustrasi waktu wfh
source: bisnis.com 
 
       Saat bekerja di rumah, orang tak lagi perlu ke kantor sehingga tidak ada tanda waktu masuk dan keluar. Lalu, saat di kantor orang pun sudah bersiap dalam work mode (waktu kerja). Sedangkan, di rumah berarti waktu untuk rebahan dan bersantai. Bekerja di rumah membuat hilangnya perubahan waktu kerja dan santai karena semua di rumah, sehingga tubuh tidak merasa adanya perubahan.
 
3. Orang mungkin bekerja lebih dari sebelumnya
 
ilustrasi kerja lebih
source: brainly.co.id 
 
     Beberapa orang menghabiskan banyak waktu lama karena takut apabila kurang dalam melakukan sesuatu dapat kehilangan pekerjaan. karena tidak adanya waktu standar selesainya hari kerja mereka seperti saat di kantor, hal ini membuat waktu terasa membingungkan.
 
4. Orang banyak menghabiskan waktu menarap layar gawai
 
ilustrasi natap gawai
source: hitekno.com 
 
     Sehari-hari sobat bekerja daring dari rumah, bermain handphone, dan membuka media sosial. Hal ini dapat meningkatkan paparan terhadap blue-light (cahaya biru) terhadap mata. Peningkatan paparan ini dapar mengganggu jam biologis tubuh.
 
5. Jam tidur berubah
 
ilustrasi insomnia
source: brigtside.me 
 
         Orang mungkin sering terbangun di malam hari karen tidak harus bangun pagi atau karena merasa cemas sehingga sulit untuk tidur. Hal ini mengubah ritme biologis tubuh. Orang tidak bangun oada waktu yang sama juga bsia menyebabkan distorsi waktu sehingga menyebabkan beberapa hari lebih pendek atau lebih panjang dari hari lainnya.
  
     Nah, ternyata yang menyebabkan terkadang Sobat Souja lupa hari ini hari apa, besoknya tau-tau weekend. Eh, hari ini hari apa ya? Jangan lupa untuk tetap semangat walau di rumah aja.


Source: https://www.huffpost.com/

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.