Punya Perut Buncit? Kenali Penyebab dan Cara Mengecilkannya

  • Senin, 04/05/2020 - 07:15 WIB
 

Ada yang sedang bingung karena memiliki perut buncit? Jangan hanya bingung, tapi ketahui juga penyebab yang membuat perut buncit.

Untuk menghindari agar tak memiliki perut buncit, ketahui juga bahayanya. Jika sudah telanjur, coba juga berbagai cara untuk mengecilkannya. Ternyata, kebiasaan sehari-hari berkontribusi membuat perut seseorang buncit.

Apa saja kebiasaan yang mungkin tak disadari itu?

1. Kebiasaan makan

Kebiasaan makan pada malam hari bisa membuat seseorang memiliki risiko lebih besar mengalami perut buncit. Atur waktu tidur setidaknya tiga jam setelah makan. Saat sedih, kecewa, kesal, sebagian orang memilih melampiaskannya dengan cara makan enak, termasuk makanan cepat saji. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan lemak di perut semakin menimbun.

Perilaku menggunakan piring besar saat makan juga mendorong seseorang mengambil makanan dalam jumlah banyak. Jika memang tak ingin perut membuncit karena mengonsumsi makanan melebihi kebutuhan tubuh, dapat disiasati dengan memakai piring yang lebih kecil agar tak mendorong makan dalam porsi lebih besar. 

2. Kurang tidur

Kurang tidur juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol (hormon stres) yang dapat mendorong seseorang mengonsumsi makanan manis atau tinggi gula. Orang dewasa, idealnya membutuhkan waktu tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya.

BAHAYA PERUT BUNCIT 

Mempunyai perut buncit lebih berisiko terhadap kesehatan, karena salah satunya terjadi tumpukan lemak viseral yang berlebih. Lemak viseral membungkus organ-organ rongga perut, seperti pankreas, hati, dan usus. Lemak jenis ini bisa mempengaruhi fungsi hormon dalam tubuh.

Penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, hingga kanker menjadi empat penyakit yang dapat menimpa seseorang dengan perut buncit.

BAGAIMANA MENGECILKAN PERUT BUNCIT? 

Tak ada cara instan untuk menghilangkan tumpukan lemak yang menyebabkan perut menjadi buncit. Ahli gizi tersertifikasi asal New York, AS, Rachel Stahl, memberikan tips untuk mengurangi lemak di perut.

Caranya, di antaranya:

1. Membaca bahan makanan

Mengecek bahan makanan yang tertera dalam kemasan dapat Sobat Souja lakukan untuk mengetahui kandungan lemak dalam makanan tersebut. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans. Disebutkan, lemak trans ini ditemukan di beberapa produk seperti margarin, makanan beku, permen, makanan yang dipanggang, dan beberapa saus.

2. Hindari gula

Batasi asupan gula agar lemak perut tak semakin mengembang. Kebanyakan mengonsumsi gula dapat membuat resistensi insulin, di mana kondisi ini membuat seseorang sulit menurunkan berat badan. Gula dapat meningkatkan level insulin dan menahan hormon leptin, yaitu hormon yang memberi sinyal pada tubuh ketika merasa kenyang. Tak hanya itu, gula membuat reseptor dopamin menjadi berlebih. Hal ini dapat membuat seseorang lebih gampang lapar dan sulit kenyang.

3. Minuman yang dikonsumsi

Minuman dengan pemanis gula, seperti soda, jus buah, dan es teh manis sebaiknya juga dibatasi. Gula membuat otak tak memproses kalori cair, begitu pula bagaimana memproses kalori berbentuk padat. Mengonsumsi kalori dalam bentuk minuman, membuat seseorang masih merasa lapar, sehingga masih membutuhkan makan.

Itulah beberapa tips yang bisa Sobat Souja lakukan untuk mengecilkan perut buncit. Ayo mulai jaga kesehatan dengan memperhatikan pola asupan makanan. Selamat mencoba!

Sumber artikel: Kompas.com 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.