Menelisik Kebiasaan Membaca di Toilet

  • Selasa, 05/05/2020 - 08:39 WIB
 

     Sobat Souja pasti sering kan membawa handphone ke toilet, entah untuk membaca berita atau membuka media sosial. Kebiasaan ini sudah ada sejak dulu, tetapi dulu medianya adalah koran atau buku. Konon kegiatan membaca ini jadi hal yang meragukan, boleh atau tidaknya.

ilustrasi baca di wc

     Otto Fenichel, Psikoanalis Amerika, tahun 1937 mengatakan bahwa membaca di toilet ini adalah upaya untuk menjaga keseimbangan ego. Ada bagian dari zat tubuh yang hilang dan zat baru diserap melalui mata. Namun, hanya orang yang tidak seimbang yang merasa perlu untuk mengisi kepala sambil mengosongkan isi perut.

     Pendapat ini disetujui oleh James Strachey, penerjemah bahasa Inggris Sigmund Freud. Menurutnya, bacaan ringan banyak disukai oleh pembaca di toilet kekanak-kanakan. Menurutnya membaca kata-kata yang dikeluarkan secara metafor oleh penulis seakan sama dengan yang mereka keluarkan secara harfiah.

     Namun, bahasan ini cocok pada saat handphone belum ada dan secanggih sekarang. Sobat tentu sekarang sering membawa handphone daripada buku ke toilet. Lalu, bagaimana efek medis dari membaca di toilet?

     Ada penelitian yang mengemukakan bahwa membaca di toilet menghasilkan wasir karena meningkatkan waktu yang dihabiskan untuk duduk dan mengejan di toilet. Namun, studi ini, walaupun waktu yang dihabiskan di toilet terkait dengan wasir, orang yang membaca di toilet dengan yang tidak kecenderungannya tetap sama.

     Hal yang bahaya untuk kesehatan kita adalah melalui kontaminasi mikroba di toilet. dilansir dari time.com, bahwa membawa handphone yang panas karena daya baterai. Lingkungan yang hangat dan lembab menarik bakteri untuk hinggap di sana. Penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa  satu dari 6 handphone mempunyai bukti kontaminasi tinja.

     Meskipun belum ada bukti langsung bahwa hadnphone dapat mendatangkan risiko infeksi dari benda lainnya, Sobat sebaiknya tetap berhati-hati. Di kala pandemi ini, kalau kita keluar rumah sebaiknya juga memperhatikan apa yang kita sentuh sehingga tidak terkena virus atau bakteri pada benda pribadi kita. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan ya, Sobat!



source: time.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.