Radang Tenggorokan? Kenali Jenis dan Cara Mengatasinya

  • Selasa, 05/05/2020 - 08:38 WIB
 

Hi Sobat Souja, tau kan radang tenggorokan merupakan penyakit yang jamak dialami oleh semua orang? Penyakit ini dapat membuat si penderita kehilangan nafsu makan karena rasa sakit ketika menelan makanan.

Namun, tidak semua penyakit radang tenggorokan berjenis sama. Penyakit ini memiliki beberapa jenis perbedaan berdasarkan penyebabnya. Berikut beberapa jenis radang tenggorokan dirangkum dari sejumlah pemberitaan:

1. Radang tenggorokan akibat Virus

Radang tenggorokan ini karena serangan virus. Biasanya akan berlangsung selama 5-7 hari. Radang jenis ini tergolong ringan dan lebih sering terjadi. Hampir setiap radang tenggorokan disebabkan oleh virus, seperti virus yang menyebabkan flu dan pilek. Biasanya, radang jenis ini disertai dengan batuk, pilek dan bersin. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus hilang sendirinya dan tak membutuhkan pengobatan medis.

2. Radang tenggorokan akibat zat-zat tertentu

Selain disebabkan oleh virus, radang tenggorokan juga bisa berasal dari zat-zat tertentu. Asap rokok misalnya. Kandungan yang ada dalam zat rokok dapat menyebabkan timbulnya radang. Tak hanya itu, alergi terhadap zat tertentu serta iritasi karena polusi udara juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan jenis ini.

3. Radang tenggorokan akibat trauma atau cedera

Siapa sangka jika trauma atau cedera juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Namun, tak semua cedera bisa menimbulkan radang. Cedera yang dimaksud adalah edera pada area tenggorokan dan leher. Cedera pada wilayah tersebut biasanya terjadi saat menelan makanan atau tulang ikan yang menyebabkan iritasi pada laring dan tenggorokan.

4. Radang Tenggorokan Akibat Bakteri

Jenis radang ini tergolong paling paling serius di antara jenis lainnya. Bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan adalah bakteri jenis Streptococcus Pyrogenes. Radang yang disebabkan oleh bakteri itu harus ditangani secara benar. Jika tidak, radang tenggorokan bisa menyerang telinga (otitis media) dan organ lain seperti jantung, ginjal hingga tulang.

CARA ALAMI ATASI RADANG TENGGOROKAN

Bagi Sobat Souja yang terkena radang tenggorokan ringan, Sobat Souja tak perlu khawatir karena beberapa cara ini bisa atasi penyakit itu. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Berkumur air garam

Untuk mengurangi rasa sakit akibat radang, Sobat Souja bisa berkumur dengan air garam. Larutan air garam hangat dapat mengencerkan dahak dan meredakan bengkak di tenggorokan. Sobat Souja juga menambahkan sedikit madu jika rasa asin terasa mengganggu.

2. Minum banyak cairan

Mengonsumsi banyak cairan sangat berguna untuk tubuh. Jika sedang menderita radang tenggorokan, Sobat Souja harus memperbanyak cairan tubuh untuk meringankan rasa sakitnya. Ketika tubuh kekurangan cairan, tubuh tidak bisa menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal itu akan berakibat pada pembengkakan dan peradangan yang semakin memburuk.

3. Minum teh

Selain enak dikonsumsi sehari-hari, segelas teh hangat herbar juga bisa meredakan sakit pada tenggorokan. Jenis teh lain seperti teh hitam, teh hijau maupun teh putih juga mengandung antioksidan yang sanggup memperkuat sistem imun tubuh dan melawan infeksi. Sobat Souja bisa mencampurkan lemon dan madu sebagai variasinya. Lemon memiliki kandungan astrungent yang dapat mengempiskan pembengkakan dan memecah lendir dalam tanggorokan.

4. Permen pelega tenggorokan

 

Beberapa jenis permen pelega tenggorokan dapat ditemukan secara mudah di pasaran. Permen pereda tersebut mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus, bahan yang bisa memberi efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan. Selain itu, permen ini juga berfungsi meningkatkan produksi air liur dan menjaga agar tenggorokan tetap basah.

5. Konsumsi sup ayam

Sup ayam bisa menajadi alternatif lain untuk meredakan sakit akibat radang tenggorokan. Selain rasanya yang enak, sup akan menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam bentuk cairan.

6. Minum obat antiradang

Sobat Souja bisa mendapatkan obat ini secara mudah di apotek terdekat. Obat ini biasanya berlabelkan NSAID atau non-steroidal anti-inflammatory drug. Jenis obat-obatan ini, dapat meredakan bengkak yang menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan membantu meredakan demam.

7. Minum antibiotik

Pada sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri Streptoccus Pyogenes, mengkonsumsi antibiotik adalah wajib hukumnya. Oleh karena itu, Sobat Souja perlu pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Setelah kondisi membaik, tetaplah meminum antibiotik yang diresepkan dokter hingga tuntas demi kesehatan.

Itulah beberapa penyebab dari radang tenggorokan beserta dengan cara mengatasinya. Selama mencoba!

Sumber artikel: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.