4 Minuman yang Ramah untuk Penderita Asam Lambung

  • Selasa, 05/05/2020 - 08:41 WIB
 

Sobat Souja, apakah kamu tahu penyakit asam lambung? Asam lambung adalah penyakit yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus. Penyakit ini dapat menimbulkan nya efek yang serius pada tubuh kita, ga mau kan? yuk Simak ini! 

1. Teh Herbal

 

teh herbal
Sumber: Orami Parenting

 

Teh herbal baik untu mengurangi asam lambung lantaran mampu membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual. Namun, sobat Souja juga perlu berhati-hati dalam memilih teh herbal yang akan diminum karena beberapa teh herbal mengandung kafein dan peppermint. Untuk itu, pilihlah teh herbal yang bebas kafein, seperti chamomile dan licorice. Minumlah teh herbal satu hingga dua cangkir dalam sehari untuk manfaat yang maksimal.

2. Susu Rendah Lemak

 

susu rendah lemak
Sumber: Ohayo

 

Pengidap penyakit asam lambung dianjurkan untuk menghindari minum susu sapi karena susu sapi mengandung lemak yang tinggi sehingga sulit dicerna. Bila ingin mengonsumsi susu, disarankan susu rendah lemak yang mudah dicerna. Dengan memilih susu rendah lemak, katup kerongkongan akan tetap aman saat menahan asam lambung naik.

3. Air Kelapa

 

air kelapa
Sumber: suara.com

 

 

Dikenal sebagai isoton alami, air kelapa dapat mengatasi ketidaknyamanan yang timbul akibat asam lambung yang naik. Air kelapa memiliki kandungan kalium yang baik untuk membuat tingkat asam tubuh menjadi basa. Hal ini berguna dalam menetralkan asam lambung berlebih. Konsumsi air kelapa tanpa gula tambahan setelah makan akan sangat baik dalam menjaga tubuhmu.

4. Jahe Hangat

 

jahe hangat
Sumber: alodokter

 

Jahe memiliki efek gastroprotektif, yaitu efek yang dapat menghambat asam dan menekan bakteri helicobacter pylori. Jahe juga dapat merangsang produksi air liur dan membersihkan asam yang berada di kerongkongan. Kandungan fenol dalam jahe berperan sebagai antioksidan dan antiinflimasi yang mengurangi serta menetralisir kadar asam lambung.

Cara konsumsi jahe cukup mudah. Campurkan parutan jahe ke dalam air hangat. Sobat Souja juga dapat mencampurkannya dengan madu untuk menambah kenikmatan.

 

Itulah 4 minuman yang dapat mengurangi asam lambung. Semoga Sobat Souja tetap sehat, ya!

 

Data: kompas.com, halodoc.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.