Musim Pancaroba, Lakukan Ini agar Tetap Sehat dan Fit

  • Selasa, 05/05/2020 - 08:42 WIB
 

Indonesia mulai memasuki musim pancaroba. Musim pancaroba yang merupakan peralihan musim, misalnya dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya, musim kemarau ke musim hujan.

Musim pancaroba biasanya ditandai dengan angin kencang dan datang secara tiba-tiba. Selain itu, puting beliung, udara panas, serta arah angin yang tidak teratur.

Pada masa ini, virus dan bakteri mudah berkembang biak dan menyebabkan sejumlah penyakit pada manusia, seperti flu, pilek, demam, hingga batuk. Penyakit ini menjangkiti tubuh manusia saat daya tahan tubuh sedang lemah. Bagaimana menjaga diri tetap fit saat memasuki musim pancaroba? Tips berikut bisa Sobat Souja terapkan:

1. Jaga keseimbangan imun tubuh dengan minum yang cukup

2. Konsumsi makanan bergizi dan perbanyak makan buah-buahan

3. Penuhi asupan harian dan gizi pada tubuh

4. Jangan lupa pula untuk beristirahat

5. Untuk mengatasi flu, cukup gunakan alat semprot hidung. Tetapi, jika flu tidak hilang selama lebih dari lima hari, maka segera konsultasikan kesehatan ke dokter.

6. Jangan lupa untuk membawa jaket atau jas hujan ke mana pun Sobat Souja pergi. Alasannya, saat musim pancaroba terjadi perubahan cuaca ekstrem.

PENYAKIT MENULAR 

Musim pancaroba juga membuat banyak orang rentan terkena berbagai penyakit menular seperti demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Sobat Souja bisa melakukan pencegahan dengan menyingkirkan semua tempat yang berpotensi menjadi genangan air. Besihkan saluran air dan bakar sampah plastik di sekitar rumah. Selain itu, kuras serta tutup persediaan air di dalam rumah.

Penyakit lain yang perlu diwaspadai adalah kolera yang disebabkan bakterium vibrio cholerae. Bakteri ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ini, pastikan lingkungan tempat tinggal dan beraktivitas bersih. Sobat Souja juga perlu untuk memakan makanan dan minuman yang matan serta tidak terkontaminasi oleh kotoran.

Jika diperlukan, Sobat Souja bisa mengonsumsi vaksin hidup (strain CVD 103-HgR/orachel/mutacel) dan vaksin mati (Dukoral, SBL).

Itulah beberapa tipsagar Sobat Souja tetap sehat dan fit ditengah musim pancaroba ini. Selamat mencoba dan jaga kesehatan selalu ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.