6 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

  • Selasa, 05/05/2020 - 08:42 WIB
 

Pada hari-hari biasa, permen bisa menjadi senjata untuk mengatasi bau mulut. Tetapi hal ini tentu tak bisa dilakukan selama bulan Ramadhan saat kita sedang berpuasa.

Banyak orang beranggapan, mengonsumsi makanan beraroma menyengat menjadi penyebab bau mulut. Namun, menurut ahli diet Swisse Wellness, Simone Austin, sebenarnya, bau mulut dipengaruhi dari seberapa banyak air liur yang ada di mulut.

"Air liur membantu melindungi dan menjaga keasaman dan pH di mulut, sehingga bakteri tidak banyak berkembang biak," kata Simone. "Jadi, jika tubuh mengalami dehidrasi, tidak akan ada banyak air liur. Inilah yang kemudian menyebabkan bakteri dapat berkembang biak di mulut dan cenderung memfermentasi setiap makanan yang tersisa di mulut, sehingga menyebabkan bau mulut."

Masalahnya, bau mulut seringkali mengganggu rasa percaya diri. Lalu, bagaimana mengatasinya? Berikut enam tips untuk mencegah bau mulut selama berpuasa:

1. Makan sehat saat sahur

Jangan hanya makan apa yang diinginkan. Terpenting adalah masukkan sayur dan buah segar ke dalam menu sahur. Keduanya penting bagi tubuh, karena kaya antioksidan.

2. Bersihkan lidah

Selain menyikat gigi secara rutin dua kali sehari, bersihkan juga lidah dengan lembut menggunakan alat khusu pembersih lidah. Ini akan membantu membersihkan bakteri yang ada pada lidah dan menyebabkan bau tak sedap.

3. Minumlah banyak air

Cara terbaik untuk menghindari mulut kering dan bau mulur adalah tetap terhidrasi dengan baik. Puasa tidak berarti harus mengurangi asupan air, jadi usahakan untuk tetap minum delapan gelas setiap hari. Kamu bisa mengaturnya setelah berbuka puasa hingga waktu sahur.

4. Hindari kopi

Bagi sebagian orang, ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi pikirkan, bulan ini sebagai waktu terbaik untuk detoksifikasi kafein. Ini karena tannin - senyawa yang terdapat di dalam kopi akan mengikat air liur kita, sehingga menyebabkan mulut terasa kering.

5. Sikat gigi dengan baking soda

Saat menggosok gigi, coba ganti pasta gigi dengan baking soda. Campurkan 1/4 cangkir baking soda dengan dua sendok makan kulit lemon dan dua sendok teh garam. Ini membantu menjaga pH oral yang sehat.

6. Pakai benang gigi

Sisa makanan yang tanpa sadar tertinggal di gigi sepanjang hari tentu akan menyebabkan bau mulut. Jangan malas membersihkan gigi dengan benang gigi setiap setelah makan. Benang gigi akan membantu menyingkirkan semua sisa makanan yang tersangkut di antara gigi.

Itulah beberapa cara yang bisa Sobat Souja lakukan untuk mencegah bau mulut selama berpuasa. Selamat mencoba!

Sumber artikel: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.