Kenali Waktu yang Aman untuk Minum Kopi di Saat Berpuasa

  • Rabu, 06/05/2020 - 06:29 WIB
 

Hi, Sobat Souja! kapan sih waktu terbaik untuk minum kopi saat berpuasa seperti ini? yuk kenali waktu yang pas, simak yuk!

Jadi, kapan waktu terbaik minum kopi pada saat puasa?

kopi

Sumber: Okezone Lifestyle

Dikutip dari kumparan.com, Medical Advisor dari Bayer Indonesia Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari mengatakan minum kopi selama bulan puasa sah-sah saja dilakukan. Asalkan tidak diminum untuk menu buka puasa. Berilah sedikit jeda waktu beberapa jam setelah berbuka puasa agar tubuh beradaptasi terlebih dahulu, baru setelahnya kopi favoritmu boleh disesap.

Menurut Cleveland Clinic Abu Dhabi, waktu jeda yang tepat untuk minum kopi setelah berbuka adalah dua jam. Dalam rentang waktu tersebut, perut mulai beradaptasi dan terisi.

Selain pada saat berpuasa, kopi baiknya dikonsumsi 2 jam setelah bangun tidur. Pakar kesehatan neuropsikologi dan chronopharmacology, Steven Miller menyarankan untuk minum kopi sekitar jam 9:30 hingga 11:30 dan juga setelah jam makan siang, yakni 13:30 hingga jam 17:00. Pada jam tersebut, kadar hormon kortisol dalam darah cenderung menurun dengan drastis sehingga kita pun bisa mendapatkan manfaat kopi yang bisa membantu kita mengatasi rasa kantuk.

Jadi itulah waktu yang tepat untuk minum kopi, Sobat Souja. Yuk, perhatikan waktu mengkonsumsi kopi agar terhindar dari sakit perut.

Data: kumparan.com, doktersehat.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.