Mitos atau Fakta, Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan

  • Rabu, 06/05/2020 - 06:33 WIB
 

Bulan Ramadhan menjadi kesempatan yang baik untuk beribadah sekaligus menjaga kesehatan. Di mana setiap umat Islam akan berpuasa selama 30 hari. Menahan lapar dan haus dari setelah imsak sampai tenggelamya matahari.

Banyak orang memandang Ramadhan sebagai bulan di mana setiap orang akan menyiapkan makanan terbaik saat buka puasa usai menahan lapar dan haus sepanjang hari.

Namun, Ramadhan sebenarnya adalah kesempatan emas untuk menghapus dosa-dosa, mengubah gaya hidup menjadi lebih dekat kepada-Nya. Jadi, ketika bulan puasa berakhir kita semua akan tetap di jalan yang benar karena kebiasaan yang dilakukan selama Ramadhan. Tapi, terlepas dari itu semua, apa benar puasa dapat menurunkan berat badan?

Merangkum dari berbagai sumber, detoksifikasi alami merupakan manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh tubuh selama menjalani ibadah puasa 30 hari.

Pernahkah Sobat Souja memperhatikan bahwa selama bulan Ramadhan tubuh akan merasa lebih ringan? Itu karena puasa memberi istirahat pada sistem pencernaan dan memberi energi pada metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien.

Menurut beberapa pakar kesehatan, tidak makan dan minum dalam satu hari telah terbukti membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh termasuk hati dan ginjal.  

Puasa juga menjadi cara efektif untuk meregenarasi sel kekebalan tubuh. Sistem tubuh mencoba menyimpan energi dengan cara mendaur ulang sel imun yang berisiko rusak.

Ketika menjalani puasa, tubuh memang tidak mendapatkan energi makanan. Cadangan energi yang kamu dapatkan ketika sahur akan membentuk glukosa pada hati dan otot. Hal ini akan mulai bekerja usai 8 jam setelah makan sahur.

Saat glukosa tersimpan, tubuh secara otomatis akan membakar lemak untuk dijadikan sumber energi. Inilah yang membuat berat badan Sobat Souja berkurang.

Tapi, Sobat Souja juga perlu memperhatikan keseimbangan makanan yang dikonsumsi, seperti mengandung karbohidrat dan lemak. Termasuk memperhatikan pola makan saat buka puasa.

Seperti yang sudah dikatakan di awal, kebanyakan orang saat buka puasa akan menyediakan makanan terbaik untuk dikonsumsi usah menjalankan puasa sepanjang hari. Alih-alih memikirkan pola makan yang baik, mereka justru akan mengiyakan nafsu untuk makan banyak. Padahal, hal inilah yang menyebabkan berat badan bertambah karena ketika puasa metabolisme dalam tubuh akan bekerja lebih lambat dari biasanya.

Jadi, puasa memang dapat menurunkan berat badan dan merupakan cara detoksifikasi alami yang akan didapatkan oleh tubuh. Tetapi, Sobat Souja juga perlu memikirkan makanan yang akan Sobat  Souja konsumsi ketika buka puasa tanpa harus makan banyak. Justru inilah yang membuat puasa malah membuat berat badan Sobat Souja bertambah.

Sumber artikel: Kumparan.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.