Sobat Souja, tidur adalah kebutuhan penting untuk semua orang. Itu sebabnya, wajar saja kalau Sobat Souja memilih posisi tidur paling enak selama tidur, mulai dari terlentan" />

Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan Tubuh

  • Jumat, 15/05/2020 - 06:52 WIB
 
Sobat Souja, tidur adalah kebutuhan penting untuk semua orang. Itu sebabnya, wajar saja kalau Sobat Souja memilih posisi tidur paling enak selama tidur, mulai dari terlentang, menyamping dan tengkurap. Buat Sobat Souja yang suka tidur tengkurap, hati-hati ya! Ternyata tidur tengkurap bahaya buat kesehatan loh! Berikut kami berikan penjelasannya.
 
1. Menyebabkan Nyeri Tulang Belakang
 
nyeri
Source : cloudinary.com
Tidur tengkurap dapat mengubah kurva alami tulang belakang sehingga menjadi lebih tegang dan kaku. Selain itu, berat badan Sobat Souja akan terpusat pada tulang belakang. Tekanan yang gak seimbang itulah yang menyebabkan nyeri tulang belakang.
 
2. Membuat Tubuh Terasa Sakit Pada Bagian Tertentu
 
tubuh sakit
Source : sehatq.com
Jika dibiasakan, Sobat Souja akan merasakan letak sakit yang berbeda-beda, seperti leher, punggung dan sekitar persendian. Maka dari itu, hindari tidur dengan posisi tengkurap ya!
 
3. Berbahaya Pada Ibu Hamil
 
hamil sakit
Source : tempo.co
Terlepas dari usia kandungan, tidur tengkurap berbahaya bagi ibu hamil. Itu karena berat badan ekstra yang ada di perut akan semakin menekan tulang belakang hingga menyebabkan nyeri. Perkembangan janin pun akan terganggu karena posisi tengkurap membuatnya tergencet. Meski ibu hamil sering kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang pas, hindari posisi yang satu ini ya Sobat Souja!
 
4. Berbahaya Untuk Pengidap Penyakit Jantung Dan Sesak Nafas
 
sesak nafas
Source : wordpress.com
Untuk Sobat Souja yang punya riwayat sakit jantung dan sesak nafas, sebisa mungkin hindari posisi ini ya. Mungkin susah mengendalikan posisi tidur yang mungkin berubah saat tertidur, namun masih bisa dibiasakan kok. Sebisa mungkin Sobat Souja bisa tiduran dengan posisi menyamping.

Nah Sobat Souja, kebiasaan tidur tengkurap bisa dihindari asal Sobat Souja mau berusaha untuk membiasakan tidur dengan posisi lain. Kalau Sobat Souja mengalami masalah serius, seperti nyeri yang berkelanjutan dan gak hilang-hilang, segera hubungi dokter ya!

Sumber Artikel : Idntimes.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.