Halo Sobat Souja yang masih pada #DiRumahAja, gimana nih kabarnya? Semoga masih pada sehat semua ya. Nah, kali ini kita mau bahas-bahas sedikit nih mengenai mitos dan fakta " />

Mitos & Fakta : Kenali Lebih Dekat Virus Covid-19

  • Rabu, 20/05/2020 - 08:11 WIB
 
Halo Sobat Souja yang masih pada #DiRumahAja, gimana nih kabarnya? Semoga masih pada sehat semua ya. Nah, kali ini kita mau bahas-bahas sedikit nih mengenai mitos dan fakta dari virus Covid-19, biar Sobat Souja jadi tahu mana yang benar dan salah untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 ini. Yuk mari kita kenali lebih dekat Sobat Souja!
 
1. Mitos: Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh dapat membunuh virus corona
 
semprot
Source : suara.com
Faktanya: Alkohol atau klorin tidak akan membunuh virus yang telah masuk ke dalam tubuh Sobat Souja. Sebaliknya, menyemprotkan zat-zat tersebut dapat berisiko membahayakan selaput lendir, seperti mata dan mulut. Perlu diketahui bahwa penggunaan alkohol atau klorin bertujuan untuk mendisinfeksi permukaan. Selain itu, penggunaan kedua zat tersebut harus di bawah rekomendasi yang tepat.
 
2. Mitos: Covid-19 hanya menyerang lansia, bukan anak-anak muda
 
lansia
Source : sehatq.com
Faktanya: Semua orang dari berbagai rentang usia dapat berisiko terinfeksi Covid-19. Akan tetapi, orang lanjut usia yang pertahanan tubuhnya sudah menurun dan orang-orang yang sebelumnya pernah mengalami kondisi medis, seperti asma, diabetes, penyakit jantung, lebih rentan untuk menjadi sakit parah akibat virus. Dan anak – anak muda sering tidak memiliki gejala, sehingga berpotensi menularkan kepada orang tua dan kelompok orang yang memilik penyakit kronis tertentu.
 
3. Mitos: Berkumur air hangat dengan garam dan cuka dapat menangkal virus corona
 
air garam
Source : media.suara.com
Faktanya: Berkumur air hangat dengan campuran garam ataupun cuka memang sudah lama digunakan sebagai cara menghilangkan gejala penyakit yang berkaitan dengan flu. Akan tetapi, belum ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa cara tersebut dapat membantu menangkal virus corona Covid-19.
 
4. Mitos: Mandi air panas dapat mencegah penularan virus corona
 
air hangat
Source : doktersehat.com
Faktanya: Mandi air panas tidak dapat mencegah tubuh Sobat Souja dari paparan  Covid-19. Karena, suhu tubuh normal manusia tetap berada di rentang 36,5 – 370C, terlepas anda mandi air panas atau tidak. Hal yang dapat mencegah penularan adalah dengan sering mencuci tangan, hindari menyentuh wajah dan physical distancing.
 
5. Mitos: Makan bawang putih dapat mencegah infeksi Covid-19
 
bawang
Source : kompas.com
Faktanya: Bawang putih memang merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mengandung zat antimikroba di dalamnya. Namun, belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan bahwa bawang putih dapat mencegah infeksi Covid-19.

Gimana Sobat Souja? Jadi udah pada tau kan mana yang mitos dan fakta tentang Covid-19, jangan sampai salah paham lagi ya! Yuk mari kita sama-sama mencegah terjadinya penyebaran virus ini.

Sumber Artikel : Rs-elisabeth.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.