Kemampuan yang Bisa Dikembangkan untuk Bertahan

  • Sabtu, 23/05/2020 - 08:50 WIB
Sobat Souja tentu tahu bagaimana pandemi memebuat ada orang yang kehilangan pekerjaan, mengalami penurunan gaji, dan lainnya. Dampak ekonomi dari pandemi ini dirasakan seluruh lapisan masyarakat baik atas maupun bawah. Meski begitu tentu kita tidak boleh menyerah terhadap keadaan ini.

Ada skill atau kemampuan-kemampuan yang bisa kita kembangkan sehingga kita bisa bertahan menghadapi pandemi ini. Berikut adalah kemampuan yang bisa dikembangkan untuk membantu karier di masa pandemi:

1. Skill kepemimpinan atau leadership
ilustrasi leadership
source: meravi.id
 
Di situasi krisis, orang dengan kualitas kepemimpinan kuat akan bisa membantu timnya untuk sukses. Walaupun bekerja dari rumah, pemimpin yang bisa mengarahkan anak buahnya dari jarak jauh untuk tetap bekerja keras tanpa diawasi langsung tentu bisa bertahan. Pakar industri melihat bahwa kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) akan menjadi rutinitas baru, bahkan ada yang meminta untuk WFH sampai tahun 2020.

2. Kecerdasan Emosional

kecerdasan emosional
source: apakabaronline.com
 
Kecerdesan emosional bisa membuat seseorang memahami emosi orang lain degnan mengekspresikan dan mengontrol emosinya sendiri. Orang yang memiliki rasa empati dan mengukur kesehatan emosional dan mental pekerjanya tentu mampu melewati masa penuh tekanan. Pekerja pun bisa mengembangkan kemampuan kecerdasan emosional tinggi sehingga bisa bertahan.

3. Kemampuan teknologi
 
ilustrasi teknologi
source:  liputan6.com
 
Perubahan saat pandemi banyak mengendalkan teknologi untuk bekerja. Para karyawan pun terhubung dan bekerja dari rumah dengan teknologi. Pakar memperkiraakn bahwa kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent, internet, robot, akan membantu industri untuk berkembang lebih kuat. kemampuan untuk memahami teknologi menjadi penting karena selama pandemi mereka harus bekerja dengan teknologi ini.

4. Adaptasi dengan Perubahan
 
 ilustrasi adaptasi
source: liputan6.com
 
Banyak perubahan yang terjadi karena adanya pandemi. Cara kita bekerja, hidup sehari-hari pun berubah. Entah bagaimana berikutnya, kita tentu akan mengalami perubahan saat semua usai. Orang yang cepat beradaptasi akan bisa bertahan dan emeiliki nilai lebih.

Sobat Souja bisa mengembangkan kemampuan-kemampuan ini untuk bisa bertahan ataupun sedang mencari kerja. Kemampuan ini tentunya bukan hanya diperlukan di tempat kerja tetapi juga dalam hidup berdampingan dengan orang lain sehari-hari. Sobat, yuk, kembangkan kemampuan ini agar bisa bertahan!

source: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/16/080000720/-skill-kerja-yang-dibutuhkan-demi-bertahan-di-tengah-pandemi-?page=all#page2

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.