Tips Merawat Rambut Kering Tanpa Harus Ke Salon

  • Sabtu, 23/05/2020 - 08:46 WIB
Sobat Souja tau gak sih? Rambut menjadi salah satu bagian dari tubuh untuk menunjang penampilan. Maka dari itu, penting menjaga kesehatan rambut agar senantiasa indah dan mudah diatur. Seperti layaknya kulit wajah, rambut juga memiliki jenis berbeda-beda, salah satunya adalah rambut kering. Namun, mempunyai rambut kering dapat membuat lapisan luar rambut mengelupas sehingga mahkota Sobat terlihat kering dan kusam. Duh gak banget deh! Nah, kali ini kita akan kasih beberapa tips buat Sobat di rumah cara merawat rambut kering tanpa harus pergi ke salon.
 
1. Pilih Bahan Yang Tepat
 
bahan
Source : serempak.id
Cara merawat rambut kering yang pertama adalah dengan memperhatikan bahan yang ada pada produk rambut yang digunakan. Sobat Souja perlu menggunakan produk yang mengandung bahan seperti pisang, shea butter, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa, yang memiliki kemampuan untuk melindungi kelembapan pada rambut serta menutrisi rambut.
 
2. Hindari Bahan Yang Memicu Rambut Semakin Kering
 
bahan kering
Source : cloudinary.com
Salah satu tips merawat rambut kering, yaitu jangan gunakan produk rambut yang mengandung silikon dan alkohol. Silikon sendiri dapat menghalangi penyerapan nutrisi dan kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut. Sementara untuk alkohol dapat membuat rambut dehidrasi. Produk rambut yang mengandung sulfat juga dapat membuat rambut menjadi lebih kering karena menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut. Sebaiknya gunakan produk rambut yang mengandung bahan organik dan tentunya dapat merawat rambut yang kering dengan kandungan pelembap.
 
3. Hindari Mencuci Rambut Terlalu Kering
 
cuci
Source : okezone.com
Cara mengatasi rambut kering selanjutnya, yaitu tidak mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan hilangnya minyak alami pada kulit kepada dan rambut. Hal ini justru membuat rambut tambah kering dan menjadi rapuh. Agar rambut tidak kering, Sebaiknya cucilah rambut setiap 2-3 hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambut Sobat Souja.
 
4. Gunakan Masker Rambut

masker rambut
Source : tokopedia.net
Pemakaian masker rambut juga dapat dijadikan salah satu cara merawat rambut kering. Penggunaan masker ini bertujuan untuk melembutkan rambut kasar dan menambahkan kelembapan. Disarankan untuk menggunakan masker rambut setidaknya 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Cara menggunakannya, oleskan masker ke rambut Sobat Souja setelah keramas, kemudian ratakan masker ke seluruh rambut dan biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas. Sobat dapat membuat masker rambut sendiri dengan bahan-bahan alami atau bila tidak ingin repot, Sobat dapat menggunakan masker rambut yang ada di pasaran. Sesuaikan cara perawatan rambut kering dengan masalah rambut Sobat Souja ya.
 
5. Gunakan Sampo dan Kondisioner Dengan Benar
 
shampoo
Source : detik.net.id
Perawatan rambut kering juga sangat bergantung pada penggunaan sampo dan kondisioner rambut. Saat Sobat Souja sedang menggunakan sampo, cara mengatasi rambut kering yang benar adalah dengan membersihkan seluruh rambut dan kulit kepala pada bilasan pertama dan pada bilasan kedua sebisa mungkin untuk menggunakannya pada bagian akar rambut saja. Hal ini dikarenakan minyak pada rambut terkonsentrasi di sana. Untuk pemakaian kondisioner gunakanlah di ujung rambut dan hindari pangkal rambut, karena akar rambut dapat menjadi berminyak.
 
6. Potong Ujung Rambut
 
potong
Source : i2.wp.com
Cara merawat rambut kering yang terakhir adalah memotong ujung rambut secara rutin untuk membuat tampilan rambut menjadi lebih sehat. Sebab, salah satu ciri dari rambut kering adalah ujung rambut yang kering atau bercabang. Sebagai cara agar rambut tidak kering, disarankan untuk melakukan pemotongan ujung rambut tiap dua hingga tiga bulan sekali di salon.

Nah dengan mengikuti 6 cara merawat rambut kering di atas, dapat membantu mengurangi masalah rambut kering asalkan Sobat Souja melakukan perawatan rambut kering secara intens ya. Selamat mencoba!

Sumber Artikel : Thebodyshop.co.id
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.